UNTUK INDONESIA

Denny Siregar ke GMKI: Kalau Takut, Sama Saja dengan FPI

Tantangan ini disampaikan Denny Siregar menanggapi potongan video Papua merdeka dalam kongres GMKI ke-37 di Manokwari, Papua Barat.
Screenshot Twitter @Dennysiregar7. (Foto: Tagar/Twitter Denny Siregar)

Jakarta - Pegiat media sosial Denny Siregar memberikan tantangan kepada Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) untuk memecat sejumlah pengurus dan anggotanya yang mendukung Papua Merdeka.

Tantangan ini disampaikan Denny Siregar menanggapi potongan video Papua merdeka dalam ajang kongres GMKI ke-37 yang berlangsung di Manokwari, Papua Barat.

Menurut penulis buku 'Tuhan dalam Secangkir Kopi' ini jika GMKI benar-benar mendukung Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), maka organisasi mahasiswa Kristen ini tidak boleh takut memecat pengurus dan anggotanya yang mendukung Papua merdeka.

"Kalau memang GMKI mendukung NKRI dan tidak setuju dengan beberapa pengurus yang mendukung Papua merdeka, apakah kalian berani memecat pengurus dan anggota yang mendukung itu?," tulis Denny Siregar di akun Twitter pribadinya @Dennysiregar7.

"Tolong jawab GMKI," kata Denny.

Denny mengatakan jika GMKI tidak berani mengambil tindakan tegas terhadap pengurus dan anggotanya yang tidak mendukung NKRI maka GMKI tak ada bedanya dengan FPI.

"Kalau tidak berani bertindak, kalian sama saja dengan FPI dengan baju agama beda aja," kata dia.

GMKI sudah hidup dari dulu dengan dua semangat, yaitu nasionalisme dan ekumenisme. Karena itu, NKRI sudah final bagi GMKI.

Sebelumnya, beredar potongan video Papua merdeka dalam ajang kongres Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) ke-37 yang berlangsung di Manokwari, Papua Barat. GMKI kemudian mengklarifikasi isi video tersebut.

Ketua Umum PP GMKI demisioner Korneles Galanjinjinay didampingi panitia kongres dan Ketua Umum PP GMKI terpilih Jefri Gultom, menyebut saat kongres berjalan di mana juga membahas masalah-masalah Papua, ada video yang beredar tentang GMKI dan Papua merdeka.

"Kami mengklarifikasi bahwa video itu tidak benar. Itu di luar daripada materi kongres dan itu bukan kesepakatan forum kongres. Di GMKI tidak mendukung Papua merdeka dalam kongres ke-37 di Manokwari, Papua Barat," kata Korneles, dalam sebuah video yang diterima Tagar, Sabtu, 5 Desember 2020.

Baca juga: Baca juga: GMKI Tegaskan Papua Bagian Integral NKRI
Baca juga: Beredar Video Papua Merdeka di Kongres, Ini Klarifikasi GMKI

Hal senada juga disampaikan Ketua Umum PP GMKI terpilih, Jefry Gultom. Dia menegaskan, Papua sebagai bagian integral Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sudah final.

Kesejahteraan bagi masyarakat Papua, merupakan hal yang menjadi komitmen negara. GMKI dan bersama-sama dengan gereja nantinya akan mengawal hal-hal tersebut

"GMKI sudah hidup dari dulu dengan dua semangat, yaitu nasionalisme dan ekumenisme. Karena itu, NKRI sudah final bagi GMKI," kata Jefri mengutip video klarifikasi yang diterima Tagar, Sabtu.

Ketum GMKI masa bakti 2020-2022 ini menyebut, pihaknya sama sekali tidak memberikan dukungan terhadap Papua merdeka. Lantas, dia menuturkan video viral itu adalah hoaks.

Karena itu ia meminta kepada seluruh masyarakat Indonesia tidak terprovokasi dengan adanya penggalan video Papua merdeka dalam kegiatan kongres GMKI tersebut. []

Berita terkait
GMKI Tegaskan Papua Bagian Integral NKRI
Ketua Umum PP Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) terpilih, Jefry Gultom tegaskan Papua sebagai bagian integral NKRI.
Beredar Video Papua Merdeka di Kongres, Ini Klarifikasi GMKI
Beredar video Papua Merdeka dalam ajang kongres di Manokwari, Papua Barat. GMKI kemudian mengklarifikasi isi video tersebut.
Jadi Ketum, Jefri Gultom Akan Sampaikan Sikap GMKI ke Presiden
Hasil kongres mempercayakan kader GMKI Cabang Tanah Papua menjadi Ketua Umum Pengurus Pusat GMKI periode 2020-2022, yakni Jefri Gultom.
0
Denny Siregar ke GMKI: Kalau Takut, Sama Saja dengan FPI
Tantangan ini disampaikan Denny Siregar menanggapi potongan video Papua merdeka dalam kongres GMKI ke-37 di Manokwari, Papua Barat.