UNTUK INDONESIA
Untuk Indonesia
Denny Siregar: Bocoran Siapa Calon Menteri Muda yang Disukai Jokowi
Bocoran siapa calon menteri muda yang disukai Jokowi. Tulisan opini Denny Siregar.
Presiden Joko Widodo. (Foto: Antara/Puspa Perwitasari)

Oleh: Denny Siregar*

"Bro, kasih bocoran dong siapa calon menteri Jokowi yang baru?"

Temanku tersenyum misterius. Dia sengaja menggodaku. Biasanya dia royal kasih info dari dalam. Tapi khusus masalah menteri, dia sulit kasih jawaban. Saya tahu bukannya dia pelit, tapi memang sifat Jokowi yang selalu menyembunyikan kartu as nya di akhir sehingga orang cenderung salah menebak.

Ingat kasus Mahfud MD yang digembar-gemborkan di awal sebagai cawapres? Ternyata itu jebakan supaya diperbincangkan. Jokowi dengan pintar membuka KH Ma'ruf Amin pada menit terakhir penetapan.

Situasi yang sama terjadi pada pemilihan siapa calon menteri. Semua boleh menebak. Hoax susunan kabinet menyebar. Tapi tidak ada yang akurat, karena hanya Jokowi yang tahu siapa yang layak.

"Gini deh... gua bocorin satu aja ya," kata temanku santai. "Salah satu calon yang membuat Jokowi kesengsem adalah seseorang yang masih sangat muda tapi bisa kerja. Jokowi gak mau kasus seperti Malaysia. Menteri Olahraganya yang masih muda dan ganteng sempat jadi idola baru di sana. Tapi akhirnya malah dicaci-maki karena kerja saja gak bisa. Dia nyari yang muda dan bisa kerja."

Wah, siapa ini? Makin penasaran. "Jenis kelaminnya ?" Tanyaku cepat. "Wanita, muda dan cantik," jawabnya. Pikiranku mencoba menerka beberapa tokoh wanita muda dan cantik. Ah, terlalu banyak. Aku butuh satu petunjuk yang paling mendekati. "Ada yang spesial?" aku penasaran sekali.

Semua boleh menebak. Hoax susunan kabinet menyebar. Tapi tidak ada yang akurat, karena hanya Jokowi yang tahu siapa yang layak.

Dia menyeruput kopinya. Lalu menjawab pelan, "Anak seorang pengusaha besar."

Langsung aku googling beberapa nama anak pengusaha besar yang bisa kerja. Ada anak Hary Tanoesudibjo, namanya Angela Herliani. Angela ini memang dipersiapkan sebagai calon penerus perusahaan bapaknya.

Sebagai calon penerus, dia pasti telah dididik berorganisasi dan memimpin begitu banyak karyawan. Pengalaman di manajemen, syarat utama untuk menjadi menteri yang bekerja di bawah Jokowi. Bukan hanya pintar main kata-kata tapi minim kerja.

Tapi tunggu. Ada satu lagi ternyata. Anak pengusaha besar Chairul Tanjung.

Namanya Putri Indahsari Tanjung. Dia juga calon pewaris perusahaan bapaknya.Tapi berbeda dengan Angela Herliani yang 8 tahun memimpin MNC grup, Putri ini tidak mau terkait dengan nama besar bapaknya.

Putri Tanjung dikenal sebagai orang mandiri. Dia sudah mulai berbisnis sejak usia 15 tahun dengan membuat Event Organizer kecil-kecilan dalam bentuk birthday party. Usia 17 tahun dia mendirikan EO khusus pembicara seminar karena merasa tidak cocok dengan pembicaranya saat menghadiri seminar bisnis. Sekarang Putri berusia 22 tahun dan sudah mempunyai perusahaan kecil dengan 12 orang tim dalam organisasinya.

Aku tersenyum. Rasanya sudah mulai bisa menebak yang mana pilihan Jokowi dengan melihat bagaimana ia membesarkan Gibran dan Kaesang.

Kedua anak itu mandiri dan tidak bergantung pada bisnis ayahnya. Mereka membangun kepercayaan pada dirinya sendiri dan bukan menjadi penerus usaha ayahnya yang sudah mapan. Rekam jejak pasti bisa menjadi cerita yang menarik selain sebagai bagian dari pengalaman.

Kuseruput kopiku. Temanku mengedipkan matanya. "Pak Jokowi ini tahu aja yang bening bening," kataku. Dan kami tergelak bersama.

*Penulis buku Tuhan dalam Secangkir Kopi

Baca juga:

Berita terkait
0
Perlambatan Ekonomi RI Jadi Sorotan Bank Dunia
Perlambatan pertumbuhan ekonomi Indonesia menjadi sorotan Bank Dunia. Bank Dunia memprediksi Indonesia hanya akan mampu tumbuh di level 5 persen.