UNTUK INDONESIA
Demi Masa Depan Pemain, Semen Padang Lepas 3 Andalan
Semen Padang FC merelakan tiga pemain andalan berpindah klub menjelang digulirkannya Liga 1 dan Liga 2 2020. Ini demi menyelamatkan karier mereka.
Kapten Semen Padang Irsyad Maulana (kanan) termasuk salah satu dari tiga pemain yang dilepas klub demi karier mereka. Bersama Leo Guntara dan Dedi Gusmawan, mereka merupakan pilar Semen Padang di kompetisi Liga 1 2019. (Foto: Tagar/Gonang Susatio)

Padang - Semen Padang FC harus merelakan tiga pemain andalan berpindah klub menjelang digulirkannya Liga 1 dan Liga 2 2020. Keputusan tersebut dinilai sebagai upaya menyelamatkan karier pemain.

Semen Padang akhirnya harus melepas tiga pemain andalan, Irsyad Maulana, Dedi Gusmawan dan Leo Guntara. Klub sesungguhya keberatan dan ingin mempertahankan mereka. 

Hanya, ketiganya memang memiliki kualitas yang memungkinkan mereka bermain di Liga 1. Mereka pun sudah menjadi incaran klub-klub dari kasta tertinggi. 

Namun, karena kondisi tim saat ini dan juga masa depan pemain, Semen Padang harus merelakan itu

"Keputusan yang berat saat harus melepas tiga pemain tersebut. Tetapi ini demi karier pemain yang lebih baik. Mereka yang dilepas selalu menjadi pilihan utama," kata CEO Semen Padang FC, Hasfi Rafiq, Kamis 9 Januari 2020.

Menurut dia dua dari tiga pemain tersebut selalu menjadi andalan bagi tim yang bermarkas di Indarung, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar). Mereka, Irsyad Maulana dan Dedi Gusmawan, selalu bergantian menjadi kapten klub selama kompetisi Liga 1 2019.

Hasfi Rafiq menyebutkan keputusan ini adalah keputusan sulit yang harus diambil manajemen. Pasalnya mereka tetap bisa menjadi pilar tim di Liga 2.

"Namun, karena kondisi tim saat ini dan juga masa depan pemain, Semen Padang harus merelakan itu," tuturnya.

Semen Padang harus kembali ke Liga 2 setelah terdegradasi dari Liga 1 2019. Setelah terdegradasi, para pemain asing meninggalkan Semen Padang. 

Pasalnya, klub Liga 2 tidak diizinkan memakai pemain asing. Striker asal Brasil Vanderley Francisco pun sudah bergabung dengan tim promosi Persiraja Banda Aceh. 

Semen Padang hanya bertahan satu musim karena sebelumnya bermain di kasta kedua. Mereka menduduki peringkat 17 atau kedua dari bawah dengan 32 poin di klasemen akhir. 

Selain Semen Padang, dua tim yang terdegradasi, Perseru Badak Lampung FC dan Kalteng Putra. Semen Padang dan Kalteng Putra merupakan tim promosi. Dari tiga yang naik kasta di musim 2019, hanya juara Liga 2 PSS Sleman yang bertahan di Liga 1. []

Berita terkait
Pelatih Terkesan Suporter Tetap Dukung Semen Padang
Pelatih Eduardo Almeida terkesan dengan suporter Semen Padang tetap mendukung tim meski terdegradasi dan bermain imbang 1-1 melawan Borneo FC.
Kalahkan Semen Padang, Bali United Juara Liga 1 2019
Bali United tampil sebagai juara Shopee Liga 1 2019 setelah mengalahkan Semen Padang 2-0 di Stadion H. Agus Salim, Padang, Senin 2 Desember 2019.
Menang, Posisi Semen Padang Masih Belum Aman
Semen Padang FC menang 1-0 atas Kalteng Putra di Shopee Liga 1 2019. Namun Semen Padang belum aman posisinya dari ancaman degardasi.
0
Martin NasDem Buka Diskusi Perlindungan Anak di Toba
Anggota DPR Fraksi Partai NasDem Martin Manurung membuka diskusi perlindungan anak dari ancaman berbagai tindak kekerasan di Kabupaten Toba.