Demen Foto Makanan, Ini Tips Food Photography yang Ciamik

Sebenarnya untuk memotret makanan ini bisa dibilang gampang-gampang susah, oleh sebab butuh trik khusus untuk bisa menghasilkan gambar yang ciamik.
Food Photography. (Foto: Tagar/Pixabay)

Jakarta - Food photography atau fotografi makanan sekarang ini sudah menjadi hal yang lumrah untuk kalangan generasi milenial. Saat memesan makanan, para food photographer wajib untuk memotret makanan tersebut untuk keperluan konten sosial media, sebelum akhirnya menyantap makanan tersebut.

Sebenarnya untuk memotret makanan ini bisa dibilang gampang-gampang susah. Karena untuk mendapatkan komposisi gambar yang proporsional dan menarik, kita harus mengerti beberapa teknik-teknik pengambilan foto agar bisa menghasilkan gambar yang ciamik.

Dalam acara Samsung Galaxy Creator Workshop yang digelar secara daring, Senin, 23 November 2020, Founder & CEO of Jasafotojakarta.com, Berry Phan, mengatakan bahwa dalam menghasilkan food photography yang apik, ada lima tips yang bisa diterapkan. Berikut penjelasannya.

1. Sumber Cahaya

Dalam memotret makanan, ada dua sumber pencahayaan, yakni backlighting (cahaya dari belakang) dan side lighting (cahaya dari samping). Jadi dalam melakukan food photography, pastikan objek foto Anda mendapatkan pencahayaan yang cukup agar bisa menghasilkan gambar yang berkualitas.

2. Pencahayaan yang Lembut

Teknik Lighting ini digunakan agar cahaya yang masuk terlihat natural dan cahaya matahari tidak menyorot langsung ke objek. Untuk itu diperlukan diffuser atau bisa juga menggunakan kain gorden semi transparan bila tidak mempunyai diffuser.

3. Maksimalkan Penggunaan Smartphone

Sebelum memotret tentukan dulu kebutuhan lensa yang akan digunakan. Pastikan lensa yang digunakan sesuai dengan makanan yang dipotret dan teknik pengambilan gambar.

4. Gunakan Properti

Saat memotret pilihlah warna yang senada dengan warna background agar objek terlihat lebih menonjol. Kemudian Ukuran piring juga harus pas dengan porsi makanannya, jangan terlalu besar.

Untuk menambah kesan aestetik, gunakan properti foto kecil di sekeliling objek. Lalu jangan lupa gunakan tatakan untuk leveling.

5. Siapkan Ruang Kosong

Tips terakhir untuk menghasilkan food photography yang ciamik adalah negative space atau ruang kosong. Pastikan setiap gambar yang diambil harus ada ruang kosongnya untuk diisi caption atau tulisan yang menarik.[]


Penulis: Cherryn Lagustya

Berita terkait
Bikin Foto Makanan Menggiurkan di Instagram
Pemilik akun Instagram pasti setidaknya pernah mengabadikan foto makanan, tapi belum tentu hasilnya terlihat profesional.
Kiat Memaksimalkan Hasil Kamera Polaroid
Kamera polaroid memiliki daya tarik tersendiri, hasilnya tidak bisa ditebak.
Dengan Ponsel Bisa Menghasilkan Food Photography Ciamik
Dengan ponsel bisa menghasilkan Food Photography ciamik. Tips ini dapat digunakan untuk memotret makanan agar menghasilkan foto berkualitas hanya dengan ponsel.
0
Mengenal Efek Samping Kebanyakan Minuman Berenergi
Mengenal efek samping minuman berenergi yang di dalamnya terdapat kafein dan lebih banyak gula serta bahan lainnya jika dikonsumsi terlalu banyak.