Indonesia
Bikin Foto Makanan Menggiurkan di Instagram
Pemilik akun Instagram pasti setidaknya pernah mengabadikan foto makanan, tapi belum tentu hasilnya terlihat profesional.
Burger dan kentang goreng. (Foto: wearefoodies.id/Instagram)

Jakarta - Pemilik akun Instagram pasti setidaknya pernah mengabadikan foto makanan, tapi belum tentu hasilnya terlihat profesional.

Mau tahu cara membuat foto makanan jadi menggiurkan di Instagram hanya dengan bermodal ponsel pintar? Berikut lima tips memotret makanan dari para foodies di Instagram seperti dilansir Independent.

1. Minimalis

Blogger makanan vegetarian dan penulis Bowls of Goodness, Nina Olsen, menganjurkan untuk mengusung konsep minimalis saat memotret makanan.

Dia menghindari terlalu banyak pola dan dekorasi agar fokus tetap pada makanan, hasilnya terlihat sederhana tapi elegan.

2. Pencahayaan

Cahaya adalah faktor penting yang menentukan kualitas foto. Ketika ke restoran, pilih tempat duduk dekat jendela agar ada cahaya alami untuk memotret makanan.

Tentukan angle yang disukai, gunakan angle itu secara konsisten, entah itu angle flat-lays (dari atas) atau angle di mana fokus hanya tertuju pada satu makanan dari sekian banyak hidangan.

Agar terlihat lebih variatif, coba pesan berbagai macam hidangan termasuk minuman dan camilan untuk memberikan dimensi pada foto.

3. Latihan

Asah kemampuan dengan berlatih. Ambil foto sebanyak mungkin, coba eksplorasi sudut pandang, pencahayaan, permukaan berbeda hingga mendapat komposisi terbaik.

4. Tunggu Mendung

Ada anggapan cahaya terbaik adalah ketika mendung dan berawan sehingga hasil fotonya terlihat tidak terlalu kuning dan bayangan terlihat indah.

5. Pesan

Sebagus apapun teknik fotografi yang dimiliki, tidak ada artinya bila tak ada pesan yang ingin disampaikan lewat foto.

Baca juga:

Berita terkait
0
Pegawai dan Narapidana, Gotong Royong Hidupkan Lapas
Sejumlah narapidana dengan pegawai kompak membersihkan puing sisa kebakaran di lapas Papua Barat. Hingga saat ini belum semua warga binaan kembali.