Delta Pesan 30 Pesawat Airbus 321 Senilai 4,6 Miliar Dolar AS

Maskapai penerbangan itu hendak memastikan memiliki armada pesawat terbang yang kompetitif pasca-pandemi Covid-19
Sebuah pesawat jet Airbus 321 milik Delta Airlines di Bandara Internasional Aruba Reina Beatrix, 25 Juni 2018 (Foto: voaindonesia.com - Daniel SLIM/AFP)

Jakarta – Perusahaan penerbangan Delta, Amerika Serikat (AS), 24 Agustus 2021, menyatakan telah memesan 30 pesawat Airbus A321 ketika maskapai penerbangan itu hendak memastikan memiliki armada pesawat terbang yang kompetitif pasca-pandemi Covid-19.

Pesanan yang bernilai sekitar 3,9 miliar euro (4,6 miliar dolar AS) berdasarkan harga pesawat itu, tetapi maskapai penerbangan biasanya menegosiasikan diskon yang cukup besar ketika memesan pesawat dalam jumlahbanyak.

"Tambahan pesawat ini memperkuat komitmen Delta untuk mengganti armada pesawatnya yang lebih tua dengan pesawat jet yang lebih efisien bahan bakar dan sekaligus menawarkan pengalaman terbang terbaik untuk pelanggannya di dalam industri ini," Mahendra Nair, Wakil Presiden Senior Delta untuk pesawat terbang dan teknologi, mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Pembelian armada baru ini menjadikan total pesanan pesawat A321 Delta menjadi 155 pesawat. Pesawat Airbus A321 yang bertubuh langsing ini merupakan pesawat terbang generasi terbaru yang menjanjikan penghematan bahan bakar sekitar 20 persendibandingkan pesawat generasi sebelumnya.

Pandemi virus corona telah memukul industri penerbangan namun industri yang sangat kompetitif ini, dan sektor ini dihadapkan pada biaya bahan bakar sebagai faktor penentu persaingan yang utama (mg/jm)/AFP/voaindonesia.com. []

Berita terkait
Airbus Rugi Lebih 1,3 Miliar Dolar AS Karena Pandemi
Airbus rugi 1,1 miliar euro (1,3 miliar dolar AS) di tengah kemerosotan industri perjalanan udara global karena pandemi virus corona
0
Ini Alasan Mengapa Pemekaran Provinsi Papua Harus Dilakukan
Mantan Kapolri ini menyebut pemekaran wilayah sebenarnya bukan hal baru di Indonesia.