UNTUK INDONESIA
Dego Dego, Salah Satu Destinasi Wisata Menarik di Bulukumba
Kabupaten Bulukumba Sulawesi Selatan memiliki banyak tempat wisata yang layak dikunjungi. Ini salah satunya.
Dego-dego Kabupaten Bulukumba. (Foto: Tagar/Muh Afriansyah Lahia)

Bulukumba  - Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan memiliki sejumlah destinasi wisata. Tercatat ada 23 wisata pantai yang terletak di Bumi Panrita Lopi, julukan Bulukumba itu.

Yang terbaru, adalah Dego Dego na Bira. Pesona Dego Dego tak kalah menarik dari wisata lainnya. Wisata Dego Dego memiliki tebing, bahkan dapat diadu dengan tebing lainnya. Seperti tebing wisata Appalarang yang masih satu deretan dengan tempat ini.

Garis pantai tidak panjang, namun sangat eksotis. Jauh dari keramaian dan panorama alamnya indah.

Tempat wisata yang belum dibuka secara resmi itu terletak di Desa Darubia, Kecamatan Bontobahari. Lokasinya tidak jauh dari Pantai Marumasa, salah satu tempat wisata yang sering dijadikan spot foto.

Sementara jalan menuju tempat wisata itu saat ini masih dalam perintisan. Sehingga menjadi sebuah tantangan bagi pengunjung jika melalui jalur menuju Dego-dego na Bira.

Jarak dari papan petunjuk tidak begitu jauh. Hanya beberapa kilometer dari pertigaan jalan yang memisahkan jalur ke tempat wisata Pantai Marumasa.

Saat berada di lokasi wisata ini. Pastinya pengunjung disambut sebuah gapura sederhara terbuat dari balon kayu serta papan bertuliskan "Welcom Dego Dego". Gapura tersebut dibuat oleh sang pengelola.

Gapura itu juga dilengkapi sebuah tulisan lontara. Penamaan Dego-dego berasal dari bahasa lokal setempat yang berarti teras. Selain itu, ada kepala Kerbau pada bagian atas gapura.

Pengelola Dego-dego na Bira, Indis Rutepar mengatakan, Dego-dego na Bira dapat diartikan teras Bira. "Jikalau diartikan secara keseluruhan berarti terasnya Bira," ujar pemuda Desa Darubia ini, Jumat 23 Oktober 2020.

Ia mengatakan wisata pantai Dego-dego belum diresmikan. Namun bagi wisatawan lokal sudah berlomba-lomba mengunjungi tempat tersebut.

"Garis pantai tidak panjang, namun sangat eksotis. Jauh dari keramaian dan panorama alamnya indah, sehingga sangat cocok bagi pengunjung untuk bersantai," katanya.

Memiliki tebing untuk Rock Climbing

Tak mudah bagi pengunjung melalui jalur tebing yang ada sekitaran wisata Dego-dego na Bira. Tebing dengan kemiringan sekitar 45 derajat dengan ketinggian diperkirakan 40 meter ini sangat cocok untuk memicu adrenalin.

Tebing Dego-degoTebing sekitar wisata Dego-dego. (Foto: Tagar/Muh Afriansyah Lahia)

Pengunjung dapat melakukan panjat tebing atau yang dikenal dengan sebutan rock climbing.

Pengunjung yang ingin memutuskan untuk ke area bawah harus berpegangan kuat pada tali yang telah disiapkan.

Dianjurkan untuk menggunakan alas kaki seperti sepatu atau sendal autdoor. Tentunya harus berhati-hati melalui karang yang sangat tajam itu.

"Merasa tangguh, boleh menguji nyali. Tapi jangan ambil risiko karena jalurnya memang sangat berbahaya dan terjal," ucapnya.

Nikmati Sunrise

Matahari terbit atau sunrise memang dapat dinikmati semua penjuru dunia. Namun jika kebetulan berada di Kabupaten Bulukumba dan ingin melihat sunrise, Dego-dego na Bira adalah satu satu tempat rekomendasi.

Dego-dego Na BiraMelihat sunrise, dari Dego-dego na Bira. (Foto: Tagar/Muh Afriansyah Lahia)

Dego-dego sangat tepat menanti matahari keluar. Warna kemerahan akan berapadu indah dengan jejeran bongkahan batu yang menghampar luas.

Dari Dego-dego dapat melihat tebing Panaikang Birayya, tebing Appalarang dan tebing Bira Timur. [] PEN

Berita terkait
Libur dan Cuti Bersama, Tempat Wisata Dibatasi 50 Persen
Pemerintah mengeluarkan aturan yang membatasi kunjungan ke tempat wisata sampai dengan 50 persen.
Atraksi Kuliner, Ide Baru Sedot Traveler ke Lokasi Wisata
Traveler juga menikmati atraksi kuliner lokal di lokasi mereka menghabiskan waktu untuk berlibur.
Penjelasan Wishnutama soal Dana Hibah Pariwisata 3,3 Triliun
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio jelaskan ada dana hibah Rp 3,3 triliun untuk sektor pariwisata terdampak pandemi.
0
Dego Dego, Salah Satu Destinasi Wisata Menarik di Bulukumba
Kabupaten Bulukumba Sulawesi Selatan memiliki banyak tempat wisata yang layak dikunjungi. Ini salah satunya.