UNTUK INDONESIA

Debat ke Dua Cakada Bulukumba Tetap di Makassar

KPU Kabupaten Bulukumba memutuskan debat publik ke dua pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba tetap digelar di Makassar.
Foto bersama empat pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba setelah debat publik putaran pertama di Makassar. (Foto: Tagar/Afriansyah Lahia)

Bulukumba - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan kembali menggelar debat publik putaran kedua Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati di Pilkada serentak 2020. Debat kedua ini tetap dilaksanakan di Kota Makassar.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bulukumba, Awaluddin menjelaskan debat publik putaran pertama berlangsung di Kota Makassar terdapat beberapa kekurangan sehingga menjadi evaluasi bagi pihaknya.

Disepakati tetap di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, debat publik putaran kedua.

"Jaringan di Bulukumba untuk mengakses debat publik itu mengalami kendala, misalnya jaringan terputus-putus atau mungkin lemot. Tapi ada dua kemungkinan, pertama jaringan yang dimiliki masyarakat mengakses tidak bagus, kemudian terjadi mati lampu," kata Awaluddin saat ditemui di KPU Bulukumba, Sabtu 14 November 2020.

Apa yang menjadi kekurangan debat publik putaran pertama, menurut Awaluddin menjadi sebuah komitmen Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bulukumba untuk dapat mengantisipasi kekurangan itu. Sehingga debat kedua mendapat hasil maksimal.

"Tentunya dari pihak lain ada yang mengatakan jaringan pelempar dimiliki penyelenggara seperti Celebes TV kurang tinggi jaringannya, debat kedua kita upayakan sehingga maksimalkan tidak terjadi seperti debat pertama," beber Awal sapaan Awaluddin.

Ia menjelaskan berdasarkan hasil rapat pleno KPU Bulukumba pada Kamis 13 November 2020 kemarin, kemudian dilanjutkan rapat koordinasi bersama dengan tim Pasangan Calon (paslon) memutuskan debat kedua tetap dilaksanakan di Kota Makassar.

"Disepakati tetap di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, debat publik putaran kedua. Untuk siarannya nantinya kemungkinan iNews," ujar Awal.

Awal menerangkan, jika debat putaran kedua nantinya KPU Bulukumba mengangkat tema tentang pelaksanaan pembangunan daerah, kabupaten, provinsi hingga nasional kaitannya dalam memperkokoh NKRI.

"Berdasarkan rapat pleno KPU Bulukumba debat kedua dilaksanakan di Makassar karena untuk menghindari terjadinya kerumunan massa saat pandemi Covid-19  dan terkait dengan pengamanan debat," ujarnya. []

Berita terkait
Janji Politik Ala HM21 di Pilkada Bulukumba
Ini janji pasangan Andi Hamzah Pangki dan Andi Murniyati Makking (HM21) jika terpilih sebagai Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba.
18 Pelanggaran Netralitas ASN di Pilkada Bulukumba
Bawaslu Bulukumba mencatat 18 pelanggaran netralitas yang dilakukan ASN pada Pilkada 2020.
KPUD Bulukumba Rancang Tahapan Debat Kandidat Pilkada
Ini jadwal debat kandidat calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bulukumba Sulsel.
0
Debat ke Dua Cakada Bulukumba Tetap di Makassar
KPU Kabupaten Bulukumba memutuskan debat publik ke dua pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba tetap digelar di Makassar.