UNTUK INDONESIA
Daya Tarik Wisata Kapal Pinisi yang Dinaiki Jokowi
Presiden Joko Widodo (Jokowi) ketika menaiki kapal pinisi Felicia Plataran di Pantai Labuan Bajo menyita perhatian masyarakat.
Gugusan pulau di Gili Lawa Darat. (Foto: indonesia.travel)

Jakarta - Aksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) ketika menaiki kapal pinisi Felicia Plataran di Pantai Labuan Bajo, Komodo, Nusa Tenggara Timur pada Minggu, 19 Januari 2020, menyita daya tarik masyarakat. Saat itu, Jokowi meninjau lokasi pariwisata bahari itu.

Dalam kunjungannya, Jokowi menaiki kapal pinisi Felicia Plataran dari dermaga hotel tempatnya menginap. Di atas kapal itu, dia tampak menikmati keindahan matahari terbenam. Dia berlayar selama 45 menit di perairan utara Labuan Bajo.

Jokowi juga membagikan pengalaman tersebut di akun Instagram pribadinya. Baginya, Labuan Bajo, salah satu destinasi wisata yang begitu indah dan sempurna.

"Tak salah kiranya Labuan Bajo menjadi destinasi wisata super prioritas. Pesonanya sebagai kawasan wisata bahari sungguh lengkap, dari pantai berpasir putih, laut yang indah untuk berenang dan menyelam sampai pemandangan di saat matahari terbenam," kata Presiden Jokowi di Instagram.

Kapal Pinisi Felicia Pelataran memiliki delapan kapal yang tersebar di berbagai pelabuhan di Indonesia. Beberapa di antaranya ada di Labuan Bajo, Plataran Menjangan di Taman Nasional Bali Barat, dan Plataran Mutiara di Pantai Mutiara Jakarta.

Tadinya, kapal itu diperuntukkan untuk perdagangan. Namun, kini kapal tersebut telah menjadi moda transportasi yang menyokong pariwisata di Labuan Bajo. Berikut informasi yang telah dirangkum Tagar, mengenai wisata kapal pinisi yang dinaiki RI-1 tersebut:

Pengalaman Menaiki Kapal Pinisi

Kapal Pinisi Felicia Pelataran disebut sebagai salah satu pinisi termewah di Indonesia. Kapal tersebut milik Plataran Private Cruises. Dengan menaiki kapal tersebut, penumpang disuguhkan pengalaman menarik dan berkesan selama berlayar di laut.

Pemandangan menarik akan dijumpai kala berlayar mengitari sekitar Flores, Pulau Komodo. Di atas kapal, penumpang dapat melihat hewan purba dengan nama latin Varanus Komodoensis itu secara dekat. Bahkan, dapat mendatangi situs menyelam dan snorkeling yang memiliki terumbu karang nan elok dan memanjakan mata.

Fasilitas, Tipe, dan Kapasitas Kapal

Kapal mewah ini memberikan fasilitas nyaman layaknya seperti di hotel. Hal itu dapat dirasakan dari desain kabin yang begitu mewah, fasilitas dapur yang lengkap, sajian makanan mewah untuk para tamu.

Ada tiga tipe kapal pinisi yang dapat disewa saat melancong di Labuan Bajo dan masing-masing memiliki fasilitas dan kapasitas penumpang berbeda.

Pertama, kapal pinisi tipe Regular. Kapal tipe ini layaknya kapal premium biasa. Biasanya, kapal tersebut memiliki sedikit perubahan pada bentuk aslinya dan memiliki kapasitas penumpang hanya 10 orang, serta dilengkapi empat kabin.

Kedua, kapal pinisi tipe Premium. Sekilas, kapal pinisi premium terlihat sama dengan yang tipe reguler. Namun, fitur yang dimiliki hampir sama dengan tipe pinisi teratas. Penataan kamarnya sangat berkelas dan pelayanannya begitu berkualitas. Pinisi premium memiliki tujuh kabin dan bisa mencapai kapasitas 20 penumpang.

Ketiga, kapal pinisi tipe luxury. Kapal inilah yang dinaiki Jokowi. Tipe kapal ini cukup sulit disewa, lantaran biasanya sudah dibooking sedari satu tahun lalu. Fasilitas yang dimiliki juga menyerupai hotel bintang lima. Bahkan, terdapat area makan indoor maupun outdoor. Meski berlabel termewah, kapal pinisi tipe luxury berkapasitas 15 orang dan hanya memiliki lima kabin.

Harga

Tak sedikit uang yang dikeluarkan demi merasakan pengalaman menyusuri Pulau Komodo dengan kapal mewah tersebut. Harga perjalanan bervariasi, tentunya tergantung jenis kapal yang dipilih.

Untuk jenis kapal pinisi tipe Regular, harga sewanya berkisar Rp 8 juta sampai Rp 12 juta per hari. Lalu, kapal pinisi tipe Premium dibanderol Rp 15 juta sampai Rp 30 juta per hari. Sedangkan, kapal pinisi tipe Luxury harga sewa mencapai Rp 45 juta sampai Rp 60 juta per harinya. []

Baca juga:

Berita terkait
Obor Asian Games Dikawal Tiga Kapal Pinisi dan 45 Sampan
Obor Asian Games dikawal tiga Kapal Pinisi dan 45 sampan. Debur ombak Pantai Tanjung Bira menjadi saksi.
Lima Destinasi Wisata Unggulan Labuan Bajo
Labuan Bajo ditetapkan menjadi salah satu dari 10 destinasi unggulan nasional oleh Kementerian Pariwisata pada tahun 2016.
Kementerian PUPR Lakukan Penataan Kawasan Wisata di Tiga Daerah Penyangga Labuan Bajo
Kementerian PUPR lakukan penataan kawasan wisata di tiga daerah penyangga Labuan Bajo. Pembangunan infrastruktur direncanakan secara terpadu, baik penataan kawasan, jalan, penyediaan air baku dan air bersih, pengelolaan sampah, sanitasi, dan perbaikan hunian penduduk.
0
Demokrat Dukung Aturan Rekam Persidangan Izin Dahulu
Anggota Komisi III DPR Fraksi Demokrat mendukung MA mengeluarkan aturan pengambilan foto, rekaman suara dan TV harus izin dahulu.