Datuk Jamali Shadat Wafat, Studio Serial Upin & Ipin Berduka

Pelawak era tahun 70-an yang pernah muncul di serial kartun Upin & Ipin ini, Datuk Jamali Shadat, meninggal dunia dalam usia 78 tahun.
Legenda lawak Malaysia, Datuk Jamali Shadat, saat muncul di serial kartun Upin & Ipin. (Foto: Twitter/escopaque)

Jakarta - Legenda lawak Malaysia, Datuk Jamali Shadat meninggal dunia pada Rabu pagi, 3 Februari 2021. Pelawak era tahun 70-an yang pernah muncul di serial kartun Upin & Ipin ini, mengembuskan napas terakhirnya di usia 78 tahun setelah mengidap penyakit darah tinggi dan diabetes.

Kabar kematian sang legenda, dikonfirmasi oleh pihak Les' Copaque, selaku studio yang membuat serial animasi populer Upin & Ipin tersebut. Dalam ungkapan duka cita, mereka mengunggah gambar berlatar hitam putih seraya meminta agar mendiang Datuk Jamali didoakan.

"Mari kita sedekahkan Al Fatihah," tulis Les' Copaque di akun Twitter resmi mereka, dikutip Tagar pada Kamis, 4 Februari 2021.

Datuk Jamali Shadat merupakan salah satu komedian asal Malaysia yang namanya begitu melegenda pada era tahun 1970 hingga 1990-an. Ia memiliki ciri khas pandai menirukan berbagai dialek dari sejumlah daerah, termasuk Jawa dan Mandarin.

Selain berkiprah di panggung-panggung komedi, ia juga sempat membintangi beberapa judul film, antara lain Aku Yang Berhormat, Hantu siang, Mr. Cinderella 2 dan Sun Sun Thatha.

Hingga jelang tutup usia, ia masih terus berkarya dan mendapat tempat di hati masyarakat Malaysia.

Bahkan, Jamali Shadat sukses meraih penghargaan di ajang Anugerah Lawak Warna 2014 dalam kategori Khas Juri-Artis Veteran, di negaranya.

Datuk Jamali ShadatKomedian Malaysia, Datuk Jamali Shadat. (Foto: TwitterEyda40382969)

Datuk Jamali Shadat diketahui pernah mengisi suara sebagai cameo pada serial kartun kartun Upin & Ipin untuk karakter dirinya sendiri. Ia juga pernah muncul dalam episode berjudul Siapa Atan? yang tayang sebanyak tiga episode pada tahun 2016 silam.

Laman Kosmo melaporkan, kabar kematian Datuk Jamali Shadat pertama kali diketahui lewat pernyataan cucu dari sang komedian, yakni Isyraq Ariff Zalull Ariff.

Ia menuturkan, kakeknya telah meninggal dan pihak keluarga tengah mengurus perihal pemakaman dan berjanji bakal memberikan informasi lebih lanjut dalam waktu dekat.

"Doktor sudah mengesahkan datuk sudah tiada. Urusan proses pengebumian akan dimaklumkan kemudian," kata Isyraq pada Rabu, 3 Februari 2021 kemarin. []

Berita terkait
Positif Covid-19, Pesinetron Soraya Abdullah Meninggal Dunia
Mantan bintang sinetron Gerhana 6, Soraya Abdullah, dikabarkan meninggal dunia dalam usia 42 tahun setelah terinfeksi virus corona (Covid-19).
Wafat, Berita Aktris Song Yoo Jung Bunuh Diri Dihapus
Aktris asal Korea Selatan yang berada di bawah naungan Sublime Artist Agency yaitu Song Yoo Jung dinyatakan meninggal dunia.
Rapper Korea Selatan Iron Ditemukan Tewas, Diduga Bunuh Diri
Penyanyi rap asal Korea Selatan, Jung Hun Cheol atau yang lebih dikenal dengan nama panggung Iron dinyatakan meninggal dunia pada 25 Januari 2021.
0
Ditemukan 215 Kerangka Anak-anak Penduduk Asli di Kanada
PM Kanada sebut penemuan lebih dari 200 kerangka anak-anak yang dikubur di bekas sekolah asrama penduduk asli bukan insiden terpisah