Data Tokopedia Bocor, Bareskrim Analisis IP Adresss

Direktorat Siber Bareskrim Polri masih mengusut pengaduan perusahaan startup Tokopedia ihwal pembobolan 91 juta data pengguna.
Ilustrasi platform jual-beli online Tokopedia. (Foto: dok Tokopedia)

Jakarta - Direktorat Tindak Pidana Siber (Direktorat Siber) Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) masih mengusut pengaduan perusahaan startup Tokopedia ihwal pembobolan 91 juta data pengguna yang terjadi awal Juli lalu.

Saat ini, kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Markas Besar Polri Brigadir Jenderal Polisi Awi Setiyono pihaknya tengah menganalisis IP address yang masuk ke Tokopedia.

"Direktorat Siber masih menyelidiki dan masih menganalisis anomali IP address yang masuk ke sistem Tokopedia," ujar Brigadir Jenderal Polisi Awi Setiyono, Selasa, 14 Juli 2020.

Selain itu, Awi menuturkan pihak sudah memeriksa tiga staf IT Security Tokopedia sebagai saksi dalam kasus kebocoran data pengguna.

“Sedang melakukan klarifikasi terhadap rekan-rekan dari internal Tokopedia, sudah ada 3 orang yang diklarifikasi," kata dia.

Tokopedia Nuraini Razak Tokopedia menyatakan sudah melaporkan pihak ketiga yang membocorkan dan mengunggah data pengguna platform jual beli di media sosial ke kepolisian. VP of Corporate Communications Tokopedia Nuraini Razak Tokopedia menyatakan sudah melaporkan pihak ketiga yang membocorkan dan mengunggah data pengguna platform jual beli di media sosial ke kepolisian. 

Pihak Tokopedia, menurut dia mengingatkan seluruh pihak untuk menghapus segala informasi yang memfasilitasi akses ke data.

"Juga mengingatkan seluruh pihak untuk menghapus segala informasi yang memfasilitasi akses ke data yang diperoleh melalui cara yang melanggar hukum," kata seperti dikutip dari Antara, Senin, 6 Juli 2020.

Kasus kebocoran data 91 juta pengguna Tokopedia kembali diperbincangkan awal Juli ini. Hal tersebut terungkap oleh Lembaga riset keamanan siber Communication and Information System Security Research Center (CISSReC).

Menurut CISSRec, saat salah satu anggota sebuah grup Facebook yang berisikan hampir 15 ribu anggota memberikan link untuk mengunduh data 91 juta data pengguna Tokopedia secara gratis. []

Berita terkait
91 Juta Data Member Tokopedia Bocor, Bisa Diunduh Bebas
Sebanyak 91 juta data pengguna Tokopedia tersebar di salah satu grup di Facebook dan dapat diunduh gratis.
CEO Tokopedia William Tanuwijaya Kirim Surat Cinta
CEO Tokopedia William Tanuwijaya mengirimkan surat cinta ke pengguna ihwal data platform tersebut bocor digasak peretas atau hacker.
Data Bocor, Komisi I Minta Tokopedia Tanggung Jawab
Anggota Komisi I DPR Abdul Kharis meminta Tokopedia bertanggungjawab atas kasus kebocoran data 91 juta penggunanya beberapa waktu lalu.
0
Politikus PDIP Jagokan Andika Perkasa Jadi Panglima TNI
Politisi PDIP Effendi Simbolon menjagokan Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Andika Perkasa menjadi Panglima TNI mengantikan Hadi Tjahjanto.