UNTUK INDONESIA
Dasco Jawab Peluang Sandiaga Uno Gusur Prabowo
Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad menjawab peluang Sandiaga Uno menggusur Prabowo Subianto dari kursi Ketua Umum Partai Gerindra.
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri) dan Sandiaga Uno (kanan) tiba di lokasi upacara pelantikan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma\'ruf Amin di Gedung Nusantara, kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu, 20 Oktober 2019. (Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay)

Jakarta - Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Uno mengaku mendapat dukungan dari pimpinan daerah Partai Gerindra untuk maju sebagai calon ketua umum (ketum) partai yang sangat lekat dengan sosok Prabowo Subianto itu. Namun, pernyataan tersebut dibantah Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad.

Dasco mengklaim pada Rapat Pimpinan daerah (Rapimda) Gerindra, mayoritas kadernya memberikan dukungan kepada Ketum Prabowo Subianto.

"Iya kalau dilihat dari hasil Rapimda yang sudah berlangsung di banyak dewan pimpinan daerah, yang melibatkan dewan pimpinan cabang itu memang mayoritas sudah mengeluarkan rekomendasi untuk meminta Pak Prabowo kembali duduk sebagai Ketua Umum Gerindra untuk periode ke depan," katanya di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa, 10 Maret 2020.

Baca juga: Respons DPP, Prabowo Jadi Ketum Gerindra Lagi

Sufmi Dasco AhmadDirektur Hukum dan Advokasi Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Sufmi Dasco Ahmad. (Foto: Tagar/Nuranisa HN)

Dia menjelaskan, Kongres Gerindra akan dilakukan pada tahun ini. Namun, mereka belum memastikan jadwal pastinya. Dalam monitoring yang dilakukan DPP Gerindra terhadap Rapimda, kata Dasco, hingga kini belum ditemui nama-nama baru yang ingin mencalonkan diri sebagai Ketum, selain Prabowo Subianto.

"Kongres Gerindra belum diputuskan untuk tanggal dan bulan, tetapi pasti tahun ini. Sementara dari hasil rapat pimpinan daerah yang kami monitor itu belum mengeluarkan nama lain selain nama Pak Prabowo," ujarnya.

Mayoritas sudah mengeluarkan rekomendasi untuk meminta Pak Prabowo kembali duduk sebagai Ketua Umum Gerindra.

Terkait adanya pernyataan yang menyebut Sandiaga mendapat dorongan dari beberapa pimpinan daerah, Dasco mengaku harus menghormatinya. Dia menegaskan, akan tetapi hal itu harus sesuai dengan koordinasi yang ada di bawah.

Baca juga: Gerindra Desak Jokowi Pulangkan Habib Rizieq Shihab

"Kalau memang ada kita hormati. Tapi forum resmi yang mengeluarkan dukungan atau rekomendasi itu dilakukan oleh Rapimda yang kemudian berdasarkan masukan rapat pimpinan cabang, diikuti PAC, lalu tingkat kabupaten kota melakukan rapat pimpinan cabang, kemudian dewan pimpinan cabang ikut rapat pimpinan daerah di provinsi," kata dia.

Menurutnya, hasil Rapimda dari 21 daerah dapat dijadikan tolok ukur mayoritas kader Gerindra apakah masih menginginkan Prabowo menjabat sebagai Ketum partai atau tidak.

"Itu yang sekarang kami monitor. Sebagian besar yang sudah melaksanakan Rapimda, itu hampir semuanya, bukan hampir semuanya, semua yang sudah melaksanakan Rapimda mengeluarkan rekomendasi untuk mendukung kembali Pak Prabowo menjadi Ketua Umum Partai Gerindra ke depan," ucapnya. []

Berita terkait
Gerindra Situbondo Lobi Parpol Usung Karna Suwandi
Partai Gerindra Situbondo mendorong nama Karna Suwandi untuk maju di Pilkada Situbondo berdasarkan hasil Rapimcabsus.
Fraksi Gerindra Joget TikTok Kang Emil itu Gak Etis
Anggota DPRD Jabar terutama dari Fraksi Partai Gerindra bereaksi atas video joget TikTok Gubernur Jabar Ridwan Kamil bersam artis Cinta Laura
Gerindra Minta Anies Jangan Datang ke DPR Bahas TIM
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dipanggil DPR terkait polemik revitalisasi TIM. Gerindra DKI meminta Anies tak usah datang ke Senayan. Kenapa?
0
Cuti Bersama, Protokol Kesehatan di Bukittinggi Makin Ketat
Kota Bukittinggi sebagai daerah tujuan wisata utama di Sumatera Barat akan berlakukan protokol kesehatan ketat di objek wisata.