UNTUK INDONESIA

Dampak Buruk Makan Gorengan Saat Buka Puasa, Ini Alasannya

Mengkonsumsi makanan mengandung banyak minyak misal gorengan saat buka puasa bisa berdampak buruk bagi tubuh. Spesialis penyakit dalam bahas ini.
Ilustrasi Gorengan. (Foto: Tagar/Instagram @vivakitchen11)

Jakarta - Mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak minyak semisal gorengan atau yang mengandung lemak terutama saat berbuka puasa bisa menyebabkan tubuh mengalami panas dalam. Tapi ini tidak akan terjadi kalau kebutuhan cairan dalam tubuh terpenuhi.

Kebiasaan makan berkontribusi pada masalah tubuh.


Hal tersebut disampaikan spesialis penyakit dalam dari Rumah Sakit Carolus, dr. Laurentius Aswin Pramono.

"Kebiasaan makan berberkontribusi pada masalah tubuh semisal kerongkongan tidak enak, karena konsumsi terlalu banyak yang mengandung minyak, lemak. Makan gorengan saat berbuka tidak apa-apa asalkan kebutuhan air terpenuhi," ujar Aswin.

Pada saat berpuasa, jelas Aswin, metabolisme tubuh berbeda, karena pada jam seharusnya makan, tidak makan. Karena itulah kebutuhan cairan dipersiapkan dengan tepat saat sahur dan berbuka. Ini penting agar kita tidak mengalami dehidrasi. 

"Sampai dua liter per hari, kalau tidak tercapai, bisa dehidrasi, bisa terganggu fungsi tubuh," tuturnya. 


Baca juga: Tips Tetap Bugar Selama Puasa






Berita terkait
Inilah Alasan Mengapa Kurma Bagus untuk Berbuka Puasa
Sebagian muslim memilih berbuka puasa dengan mengkonsumsi buah kurma. Ini alasan buah kurma bagus untuk berbuka puasa disampaikan para peneliti.
Puasa Sehat, Jangan Tidur Habis Makan Sahur
Jangan langsung tidur selepas makan sahur kalau enggak mau sakit. Tidak ada faedahnya kalau habis sahur kita tidur lagi. Ini sederet bahayanya.
Ini Cara Mengatasi Ngantuk Saat Puasa
Selama Ramadan, di antara yang paling sering dialami orang berpuasa adalah rasa ngantuk pada siang hari. Ini bisa dihindari. Begini caranya.
0
Dampak Buruk Makan Gorengan Saat Buka Puasa, Ini Alasannya
Mengkonsumsi makanan mengandung banyak minyak misal gorengan saat buka puasa bisa berdampak buruk bagi tubuh. Spesialis penyakit dalam bahas ini.