UNTUK INDONESIA
Daftar Desa di Sekitar Merapi yang Rawan Terdampak Erupsi
Ada 12 desa di empat kabupaten di DIY dan Jawa Tengah yang rawan terdampak erupsi Gunung Merapi.
BPPTKG memperkirakan Gunung Merapi tak lama lagi erupsi. Level kewaspadaan ditingkatkan menjadi siaga. BPPTKG juga merilis sejumlah desa di Merapi yang rawan terdampak erupsi. (Foto: Tagar/Instagram/@arkanantafau)

Sleman - Sejumlah desa di sekitar Gunung Merapi rawan terdampak erupsi. Setidaknya ada 12 wilayah desa di empat kabupaten di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah yang potensial kena imbas erupsi Merapi. 

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta Hanik Humaida mengungkapkan per Kamis, 5 November 2020 pukul 12.00 WIB, pihaknya meningkatkan status kewaspadaan Merapi dari level II atau waspada ke level III atau siaga. 

Peningkatan status tersebut dengan memperhatikan tanda-tanda aktivitas vulkanik Gunung Merapi yang terus meningkat hingga diperkirakan erupsi tak lama lagi terjadi. 

“Potensi ancaman bahaya berupa guguran lava, lontaran material dan awan panas sejauh lima kilometer,” kata Hanik dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 5 November 2020.

Agar mempersiapkan segala sesuatu yang terkait dengan upaya mitigasi bencana akibat letusan Gunung Merapi yang bisa terjadi setiap saat.

Terkait hal itu, BPPTKG meminta masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di lereng dan sekitar Merapi untuk lebih meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaannya. Ancaman bahaya erupsi dapat meluas, tetapi tidak mengancam semua pemukiman penduduk. 

Berikut prakiraan daerah bahaya erupsi Merapi versi BPPTKG:

1. Kabupaten Sleman, Provinsi DIY 

  • Di Kecamatan Cangkringan, terdiri dari tiga desa. Yakni Desa Glagahharjo, di Dusun Kalitengah Lor. Kemudian di Desa Kepuharjo, khususnya Dusun Kaliadem, dan di Desa Umbulharjo, wilayah Dusun Palemsari.

2. Provinsi Jawa Tengah :

- Kabupaten Magelang 

  • Kecamatan Dukun, wilayah Desa Ngagomulyo. Ada empat dusun yang diperkirakan kena dampak, yakni Dusun Batur Ngisor, Gemar, Ngandong, dan Dusun Karanganyar.
  • Kecamatan Dukun, Desa Krinjing, mencakup Dusun Trayem, Pugeran, dan Trono.
  • Kecamatan Dukun, Desa Paten, menyasar Dusun Babadan 1 dan  Babadan 2.

- Kabupaten Boyolali

  • Kecamatan Selo, Desa Tlogolele, Dusun Stabelan, Takeran, Belang.
  • Kecamatan Selo, Desa Klakah, Dusun Sumber, Bakalan, Bangunsari, Klakah Nduwur.
  • Kecamatan Selo, Desa Jrakah, Dusun Jarak, Sepi.

- Kabupaten Klaten 

  • Kecamatan Kemalang, Desa Tegal Mulyo, Dusun Pajekan, Canguk, Sumur
  • Kecamatan Kemalang, Desa Sidorejo, Dusun Petung, Kembangan, Deles.
  • Kecamatan Kemalang, Desa Balerante, Dusun Sambungrejo, Ngipiksari, Gondang.

Baca juga: 

"Pemerintah Kabupaten Sleman, Kabupaten Magelang, Kabupaten Boyolali, dan Kabupaten Klaten agar mempersiapkan segala sesuatu yang terkait dengan upaya mitigasi bencana akibat letusan Gunung Merapi yang bisa terjadi setiap saat," beber dia. 

BPPTKG juga merekomendasikan agar penambangan di alur sungai-sungai yang berhulu di Gunung Merapi dalam kawasan rawan bencana III agar berhenti. [] 

Berita terkait
Erupsi Merapi Makin Dekat, BPPTKG Yogyakarta: Level Siaga
Tanda-tanda erupsi Merapi makin dekat. BPPTKG meningkatkan status kewaspadaan dari level II atau waspada menjadi level III atau siaga.
Gunung Merapi Menggeliat, Magelang Siaga Bencana Alam
Kabupaten Magelang bersiaga menghadapi erupsi dari Gunung Merapi. Juga potensi bencana hidrometeorologi seiring masuknya hujan.
BPPTKG Yogyakarta Sebut Gunung Merapi akan Erupsi
BPPTKG Yogyakarta menyebut aktivitas Gunung Merapi meningkat sejak 21 Mei 2018. Hal itu mengindikasikan akan erupsi.
0
Takut Dibunuh, Remaja Bulukumba Lari ke Hutan
Tim gabungan TRC BPBD Bulukumba akhirnya menemukan remaja kabur ke hutan sembunyi karena takut dibunuh. Remaja tersebut ternyata gangguan jiwa.