UNTUK INDONESIA
Curhat Awak Kabin Garuda Setelah Ari Askhara Dicopot
Sejumlah awak kabin yang tergabung dalam Ikatan Awak Kabin Garuda Indonesia (Ikagi) curhat ke Kementerian BUMN seusai peemcatan Ari Akshara.
Awak kabin Garuda Indonesia. (Foto: Facebook/Garuda Indonesia)

Jakarta - Sejumlah awak kabin yang tergabung dalam Ikatan Awak Kabin Garuda Indonesia (Ikagi) curhat ke Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) seusai pemecatan Direktur Utama (dirut) PT Garuda Indonesia Tbk (Persero) I Gusti Ngurah Akshara atau Ari Akshara. Mereka mengeluhkan bagaimana kerusakan saat kepemimpinan di Garuda.

"Selama beliau memimpin banyak sekali kerusakan di PT Garuda Indonesia. Contoh, kalau kita lakukan kesalahan sedikit langsung di-grounded, tidak boleh terbang, harusnya masuk dalam pembinaan," kata Sekretaris Jenderal Ikagi Jacqueline Tuwanakotta di Jakarta, Senin, 9 Desember 2019 seperti dilansir dari Antara.

Bukan hanya itu, Ari kata dia mengubah aturan jadwal penerbangan awak kabin tanpa pembicaraan terlebih dahulu. Khususnya jadwal penerbangan ke luar negeri, contohnya jadwal penerbangan Sydney-Jakarta-Sydney. "Harusnya tiga hari tapi jadi pulang pergi (pp)," ucapnya.Baca juga: Awak Kabin Garuda: Kebijakan Dirut Ari Askhara Aneh

Bukan hanya itu, Ari kata dia mengubah aturan jadwal penerbangan awak kabin tanpa pembicaraan terlebih dahulu. Khususnya jadwal penerbangan ke luar negeri, contohnya jadwal penerbangan Sydney-Jakarta-Sydney. "Harusnya tiga hari tapi jadi pulang pergi (pp)," ucapnya.

Dampaknya, kondisi fisik awak kabin yang mengikuti jadwal penerbangan menjadi lemah. "Sekarang sudah delapan orang opname. Dalam pengaturan, seharusnya tidak boleh abaikan yang namanya static risk management system," tutur dia.

Senada dengan Jacqueline, salah satu awak kabin Garuda Putri Adelia Pamela mengatakan sejak diangkat menjadi Dirut Garuda pada 12 September 2018, hal buruk kerap dilakukan oleh Direksi Garuda.

Dengan terbongkarnya kasus penyelundupan Ari bersama tiga direksi Garuda, ia ingin Kementrian BUMN dapat mengambil pelajaran agar hal serupa tidak terjadi di kemudian hari. 

Maka dari itu, ia berharap pengganti direksi, mulai dari Dirut Garuda, Direktur Teknik dan Layanan, Direktur Kargo dan Pengembangan Usaha serta Direktur Human Capital dipilih dengan bijaksana.

"Siapapun calonnya kami akan selalu mendukung selama segala yang dilakukan untuk kebaikan Garuda Indonesia," kata dia. []

Berita terkait
Karier Ari Askhara Sebelum Jadi Dirut Garuda
Dirut PT Garuda Indonesia Tbk (Persero) Ari Askhara Danadiputra dipecat oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.
Siapa Dirut Garuda Pilihan Erick Thohir?
Kursi dirut PT Garuda Indonesia mengalami kekosongan seusai pemecatan terhadap Ari Askhara oleh Erick Thohir. Siapakah penggantinya?
Lima Kontroversi Ari Askhara Saat Jadi Dirut Garuda
Ketua Umum Ikatan Awak Kabin Garuda Indonesia (Ikagi) Zaenal menilai selama menjadi Dirut Garuda Ari Akshara kerap membuat kontroversi.
0
John Frusciante Kerjakan Materi Musik Baru Bareng RHCP
Gitaris John Frusciante mengaku bahwa saat ini ia tengah menulis dan melatih musik baru dengan para personel RHCP selama pandemi virus corona.