UNTUK INDONESIA
Siapa Dirut Garuda Pilihan Erick Thohir?
Kursi dirut PT Garuda Indonesia mengalami kekosongan seusai pemecatan terhadap Ari Askhara oleh Erick Thohir. Siapakah penggantinya?
Pengusaha Erick Thohir melambaikan tangannya saat berjalan memasuki Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, 21 Oktober 2019. (Foto: Antara/Wahyu Putro A)

Jakarta - Kursi Direktur Utama (dirut) PT Garuda Indonesia Tbk (Persero) mengalami kekosongan sesuai pemecatan terhadap I Gusti Ngurah Akshara atau Ari Akshara oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

Ia dipecat atas dugaan menyelundupkan 15 boks onderdil Harley Davidson edisi terbatas tipe Shovelhead 1970 dan tiga boks sepeda Brompton di pesawat Airbus A330-900 milik Garuda.

Kursi Dirut Garuda yang kosong itu lantas menjadi perbincangan publik. Mereka menerka siapa yang akan duduk menggantikan jabatan nomor satu di maskapai apakah eks Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti atau eks Menteri Energi, Sumber Daya, dan Mineral (ESDM) Ignasius Jonan.

Susi Pudjiastuti dan PramugariSusi Pudjiastuti dan Pramugari. (Foto: Instagram/jokowi_btp_lovers)

Lalu, siapakah sosok dirut Garuda pilihan Erick Thohir?

Ia menjelaskan saat ini belum ada sosok yang sudah dikeker olehnya untuk duduk di kursi dirut Garuda. 

"Saya belum bisa komen soal dirut baru, karena kan baru terjadi kemarin. Proses seleksinya juga belum," ucap Erick di Jakarta, Senin, 9 Desember 2019 seperti dilansir dari Antara.

Untuk melakukan proses mencari pengganti Ari Askhara di Garuda, kata dia kemungkinan akan dilakukan pada minggu ini. "Saya baru akan meeting dengan direksi Garuda minggu ini," tuturnya.

Selain mencari kandidat untuk duduk di kursi dirut Garuda, Erick sebenarnya lebih menginginkan operasional Garuda tidak terganggu karena kasus selundupan Harley. Ia berpesan pada Pelaksana Tugas (Plt) Dirut Garuda Fuad Rizal untuk benar benar mempersiapkan operasional, apalagi ini sudah menuju banyak hari libur.

"Jangan sampai nanti servicenya gara-gara isu ini jadi menurun," kata dia.

Ia juga berharap kasus yang menimpa Garuda akan menjadi pelajaran bagi jajaran direksi di maskapai pelat merah yang terpilih. Karena, kata dia seharusnya Garuda berkembang lebih dari maskapai lainnya. 

"Masa kalah dengan penerbangan-penerbangan lain? Dan saya yakini juga dengan proses yang terjadi ini, kita harus kembalikan citra Garuda itu. Jadi, jangan mikir memberhentikan, tapi bagaimana secara korporasi juga kembali baik," ujarnya. []

Berita terkait
Erick Thohir: Selundupan Harley di Garuda Sistematik
Menteri BUMN Erick Thohir menilai ada proses sistematik dalam penyelundupan Harley Davidson dan sepeda Brompton di Garuda.
Erick Thohir Vs Rini Soemarno di Mata Denny Siregar
Denny Siregar menyoroti strategi Erick Thohir mengatasi masalah di tubuh BUMN, membandingkan dengan Rini Soemarno yang kebanyakan main politik.
Lima Kontroversi Ari Askhara Saat Jadi Dirut Garuda
Ketua Umum Ikatan Awak Kabin Garuda Indonesia (Ikagi) Zaenal menilai selama menjadi Dirut Garuda Ari Akshara kerap membuat kontroversi.
0
Thoriqoh Tampung Aspirasi Warga Kecamatan Dayeuhkolot
Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat dari Fraksi PAN Thoqiroh melaksanakan reses ke-2 di Desa Cangkuang Wetan, Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung