Jakarta, (Tagar 12/1/2019) - Curah hujan yang tinggi ditambah angin kencang membuat suhu di permukaan tinggi menjadi lebih dingin, di atas gunung dan jalur pendakian pasti tak luput dengan kondisi cuaca seperti itu

Dalam kondisi cuaca seperti saat ini, hipotermia menjadi salah satu hal yang bisa dialami oleh pendaki. Oleh sebab itu, ada baiknya harus ekstra hati-hati dan menghindari mendaki dalam waktu dekat ini.

Terkait kondisi cuaca ekstrim yang melanda Indonesia belakangan ini. Saat ini tercatat, lima gunung ditutup untuk aktivitas pendakian.

Beberapa di antaranya, jalur pendakian Gunung Merbabu, Jawa Tengah ditutup mulai Minggu (30/12/2018) hingga waktu yang belum ditentukan. Kemudian, jalur pendakian Gunung Gede Pangrango di Jawa Barat ditutup selama tiga bulan dari tanggal 1 januari 2019 sampai 31 maret 2019.

Lalu jalur pendakian Gunung Rinjani di Lombok, Nusa Tenggara Barat ditutup mulai Selasa (1/1/2019) hingga batas waktu yang belum ditentukan. Kemudian jalur pendakian Gunung Prau, Jawa Tengah akan ditutup selama tiga bulan, mulai dari 6 Januari hingga 5 April 2019.

Sementara itu, Gunung Semeru di Jawa Timur juga akan ditutup secara total mulai 3 Januari 2019 sampai dengan pemberitahuan selanjutnya. []