UNTUK INDONESIA
Cuaca Buruk Berpotensi Banjir dan Longsor di Taput
Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, dalam tiga hari terakhir diguyur hujan. Beberapa lokasi berpotensi banjir dan rawan longsor.
Banjir dadakan di jalan umum nasional Desa Hutauruk, Kecamatan Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara, akibat guyuran hujan pada Kamis, 2 April 2020. (Foto: Tagar/Jumpa P Manullang)

Tarutung - Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, dalam tiga hari terakhir diguyur hujan disertai petir, dan angin kencang. Dampaknya di beberapa lokasi berpotensi banjir dan rawan longsor.

Informasi dari Balai Besar Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah I- Medan, memprediksi cuaca di Kabupaten Tapanuli Utara hujan.

"Untuk wilayah Kabupaten Tapanuli Utara mengingat bulan Maret hingga April 2020 sudah memasuki musim hujan maka perlu diwasapadai hujan dengan intensitas yang tinggi diikuti petir," kata Kepala BBMKG wilayah I Edison Kurniawan pada Kamis, 2 April 2020.

Dalam tiga hari ke depan kondisi cuaca di wilayah Tapanuli Utara umumnya terjadi hujan

Edison mengatakan, analisis kondisi cuaca di wilayah Sumatera Utara secara umum memasuki Maret 2020 diperkirakan curah hujan meningkat bila dibandingkan Februari 2020, yakni Asahan, Labura,Toba, Tapsel, Taput, Padangsidempuan, Padang Lawas, dan Madina.

"Meningkatnya intensitas curah hujan pada Maret sampai dengan April 2020 merupakan hal yang umum terjadi. Pada Maret 2020 hampir sebagian wilayah kabupaten dan kota itu sudah memasuki awal musim hujan," terang Edison.

Diinformasikan untuk wilayah Tapanuli Utara perlu diwaspadai potensi banjir dan tanah longsor seperti di Kecamatan Adian Koting, Garaga, Muara, Pahae Jae, Pahae Julu, Pangaribuan, Purbatua, Simangumban, Sipahutar, dan Tarutung.

"Dalam tiga hari ke depan kondisi cuaca di wilayah Tapanuli Utara umumnya terjadi hujan ringan hingga sedang pada siang hingga sore hari," kata Edison.

Pantauan Tagar, akibat cuaca buruk itu sejak tiga hari terakhir, sejumlah ruas jalan menjadi langganan banjir. Seperti jalan umum nasional Tarutung-Balige di Desa Hutauruk, Jalan DI Panjaitan, dan Jalan Raja Johannes, Kecamatan Tarutung. []

Berita terkait
76 Warga Tapanuli Utara Status ODP
Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan mengungkap 76 orang warganya berstatus orang dalam pemantauan atau ODP.
Viral Anak Tapanuli Utara Ditemukan di Semarang
Kapolsek Banyumanik Komisaris Polisi Putu Krisna membenarkan penemuan anak laki-laki asal Tapanuli Utara.
Penyebab Bentrok Aparat Keamanan di Tapanuli Utara
Penyerangan yang diduga dilakukan personel TNI terhadap anggota kepolisian di Tapanuli Utara disebut akibat kesalahanpahaman.
0
Anggota DPR Minta Data Penerima Bansos Diperbaiki
Anggota DPR, Intan Fauzi menyebutkan penyaluran dana bansos masih kerap salah sasaran akibat data penerima tidak valid.