UNTUK INDONESIA
Covid-19, PSSI Dapat Bantuan Rp 7,7 Miliar dari FIFA
PSSI mendapat bantuan 500 ribu dolar atau sekitar Rp 7,7 miliar dari FIFA. Tidak hanya PSSI, tetapi semua federasi anggota FIFA mendapat bantuan.
PSSI mendapat bantuan 500 ribu dolar atau sekitar Rp 7,7 miliar dari FIFA. Tidak hanya PSSI, tetapi semua federasi anggota FIFA mendapat bantuan.(Foto: Antara/HO-pssi.org)

Jakarta - PSSI mendapat bantuan dari FIFA sebesar 500 ribu dolar AS atau sekitar Rp 7,7 miliar sebagai bentuk dukungan karena terdampak pandemi Covid-19. Total bantuan dari FIFA mencapai 150 juta dolar yang dibagikan ke seluruh federasi atau asosiasi yang menjadi anggota badan sepak bola dunia yang berjumlah 211, termasuk PSSI.

FIFA segera mendistribusikan bantuan kepada federasi sepak bola di seluruh dunia yang menjadi anggotanya. Dana bantuan itu sesungguhnya untuk 'Forward 2.0 Programme' tahun 2019 dan 2020. Total bantuan yang diserahkan mencapai 150 juta dolar atau Rp 2,3 triliun. 

Dengan adanya pandemi Covid-19 yang berdampak bagi sepak bola di masing-masing negara, dana itu kemudian bisa digunakan untuk penanganan virus corona. Dana untuk tahun ini seharusnya baru akan diberikan pada Juli 2020. Namun dana itu tetap akan diserahkan kepada federasi bersamaan dengan dana di tahun sebelumnya yang memang baru dicairkan di bulan-bulan ini. 

Ini dimulai dengan memberikan bantuan dana untuk asosiasi anggota kami. Banyak di antara asosiasi yang menghadapi problem finansial

Menurut rencana, dana tersebut segera dicairkan ke semua federasi di seluruh dunia. Dana dibagi rata untuk semua federasi sehingga mereka mendapat bantuan sebesar 500 ribu dolar atau Rp 7,7 miliar. Jumlah itu bisa bertambah karena federasi juga akan menerima bantuan lain yang memang menjadi hak mereka.

Meski dana itu merupakan hak setiap federasi atau asosiasi, namun FIFA tetap mengajukan kriteria yang harus dipenuhi federasi. Bantuan tersebut diharapkan 'membantu menyelamatkan sepak bola dari asosiasi atau federasi di seluruh dunia'. Bantuan itu memang akan digunakan untuk membantu sepak bola di masing-masing negara yang terdampak virus corona. 

"Pandemi menjadikan komunitas sepak bola di seluruh dunia menghadapi tantangan yang tidak diperkirakan sebelumnya. Sebagai badan sepak bola dunia, tugas FIFA adalah berada di sana dan mendukung siapa pun yang membutuhkan pertolongan," kata Presiden FIFA Gianni Infantino seperti dikutip laman FIFA.

"Ini dimulai dengan memberikan bantuan dana untuk asosiasi anggota kami. Banyak di antara asosiasi yang menghadapi problem finansial," ujarnya lagi. 

Menurut dia ini merupakan langkah awal dari FIFA untuk menjawab permasalahan yang dihadapi federasi sepak bola di seluruh dunia. Infantino berharap FIFA bisa membantu mereka yang kehilangan dan bekerja untuk pemulihan sesuai yang direncanakan. 

Bantuan dari FIFA itu rencananya untuk membayar gaji para staf dan pihak ketiga. Penggunaan dana tersebut nantinya juga harus dipertanggungjawabkan dan akan diaudit. []

Berita terkait
HUT ke-90 PSSI, Hari Jadi di Tengah Keprihatinan
PSSI merayakan hari jadi di tengah suasana keprihatinan karena pandemi Covid-19. Peringatan juga ditandai dengan kekosongan jabatan Sekjen PSSI.
Ratu Tisha Mundur dari Sekjen PSSI karena Tidak Betah
Mantan anggota Komite Wasit Indonesia, Purwanto mengatakan mundurnya Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria karena sudah tidak betah.
FIFA Bantu Klub-klub Sepak Bola Terdampak Corona
Ada kemungkinan FIFA akan merogoh kantong sampai 2,7 miliar dolar AS dana simpanan mereka untuk bantu klub-klub yang terdampak virus corona
0
Rishi Kapoor Meninggal Dunia, Bollywood Berduka
Kabar duka cita kembali datang dari dunia perfilman Bollywood. Aktor senior asal India, Rishi Kapoor, dikabarkan meninggal dunia.