UNTUK INDONESIA
Untuk Indonesia
Covid-19: Negara Memanggil, Mari Berjuang Bersama
Saya yakin kita masih on the track. Indonesia masih baik-baik saja. Mari bersatu-padu melewati pandemi Covid-19 ini. Negara telah memanggil.
BSC – Biological Safety Cabinet 2A dan 2B, peralatan baru untuk laboratorium di RSUD Palangka Raya. (Foto: Sigit Nurfianto)

Oleh: Sigit Nurfianto

"Dua bulan pemerintah enggak ngapa-ngapain, kita terlambat." Itulah narasi yang didengung-dengungkan. Padahal apa yang tampak di permukaan sangat jauh berbeda dengan apa yang dikerjakan dalam senyap. Semua ada tahapan-tahapannya, sangat terukur.

Tim Ekonomi kita sangat kompak. Mereka bekerja dalam senyap. Keberhasilan mereka membuat bond di pasar uang internasional, bukanlah pekerjaan yang bisa selesai dalam sebulan.

Mereka berhadapan dengan investor-investor kelas dunia dengan manajer investasi yang punya informasi setara Badan Intelijen Negara. Due diligence tidak bisa selesai dalam sekejap mata. Keberhasilan tim ekonomi adalah berkat adanya trust (kepercayaan), kemampuan komunikasi dan kekuatan jaringan yang tidak main-main.

Saya yakin kita masih on the track. Indonesia masih baik-baik saja. Mari kita bersatu-padu melewati pandemi ini. Negara kita telah memanggil. Mari berjuang bersama.

Perlu kecerdikan seorang manajer dan feeling bisnis yang kuat.

Kemudian Tim Kesehatan, memang di awal kelihatan seolah-olah Menteri Kesehatan main-main. Dengan style beliau yang santai, orang jadi bertanya-tanya, ini serius tidak sih.

Sudah banyak yang dilakukan Kementerian Kesehatan, Dinas Kesehatan, Rumah Sakit. Tetapi karena strategi komunikaai yang kurang pas termasuk public speaking yang kurang mengena akhirnya yang tampak di permukaan seolah pemerintah main-main, tidak serius.

Celah ini segera ditutup Pak Jokowi dengan mengangkat seorang Juru Bicara. Sedangkan Menteri Kesehatan fokus pada tataran pelaksanaan. Pelan tapi pasti tahapan-tahapannya mulai jelas. Terlihat hingga saat ini Rumah Sakit dan jaringgannya masih sanggup meng-handle pasien. Tidak sampai berjajar di lorong-lorong rawat inap.

Permasalahan yang krusial adalah ketepatan dan kecepatan diagnostik. Dan Presiden, Kemenkes, kepala-kepala daerah segera menyiapkan itu. Sarana dan prasarana laboratorium diagnostik untuk Virus. Laboratorium dengan kualifikasi BSL 2.

Saya yakin kita masih on the track. Indonesia masih baik-baik saja. Mari kita bersatu-padu melewati pandemi ini. Negara kita telah memanggil. Mari berjuang bersama.

*Seorang dokter di Rumah Sakit Umum Daerah Palangka Raya

Baca juga:

Berita terkait
Pasien Sembuh Corona Lebih Tinggi Dibanding Meninggal
Jumlah ini pertama kali menjadi angka kesembuhan lebih tinggi daripada angka kematian akibat virus corona Covid-19 di Indonesia.
Profil Saud Anwar, Dokter Idola Masyarakat Amerika
Masyarakat Amerika berkonvoi mendatangi rumah Saud Anwar dokter Covid-19, mengelu-elukannya sebagai pahlawan. Ini profil dokter idola tersebut.
Denny Siregar: My Hero Dokter Saud Anwar
Orang Indonesia yang cari selamat sendiri, menolak jenazah paramedis, harus belajar pada Amerika yang menghargai dokter Saud Anwar. Denny Siregar.
0
Jokowi Lantik Hakim Konstitusi Manahan MP Sitompul
Presiden Joko Widodo hari ini, Kamis, 30 April 2020 resmi melantik Manahan MP Sitompul sebagai Hakim Konstitusi 2020-2025.