UNTUK INDONESIA
Corona Bikin Garuda Indonesia Setop Terbang ke China
Rute penerbangan dari dan menuju China resmi disetop maskapai penerbangan Garuda Indonesia buntut dari wabah virus corona.
Ilustrasi pesawat terbang Boeing 737-8 MAX. (Foto: Pixabay)

Jakarta - Rute penerbangan dari dan menuju China resmi disetop maskapai penerbangan Garuda Indonesia buntut dari wabah virus corona di kota Wuhan dan status darurat global yang ditetapkan badan kesehatan dunia (WHO).

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan disetopnya penerbangan dari dan ke China hanya sementara waktu hingga skala epidemik virus corona di negara berjulukan tirai bambu tersebut dirasa aman.

Komitmen dan dukungan penuh Garuda Indonesia terhadap upaya pemerintah dalam mencegah penyebaran virus corona di Indonesia.

Menurutnya, tindakan ini bentuk perhatian serius maskapai BUMN itu terkait antisipasi penyebaran virus itu dengan mengedepankan aspek keselamatan penumpang dan awak pesawat.

"Kebijakan tersebut juga merupakan tindak lanjut komitmen dan dukungan penuh Garuda Indonesia terhadap upaya pemerintah dalam mencegah penyebaran virus corona di Indonesia, yang salah satunya dilakukan melalui penundaan sementara rute penerbangan dari dan menuju China," kata Irfan lewat keterangan tertulis yang diterima Tagar pada Minggu, 2 Februari 2020.

Penundaan sementara tersebut melingkupi layanan penerbangan dari dan menuju Beijing, Shanghai, Guangzhou, Zhengzhou, dan Xi’an. Saat ini, Garuda Indonesia melayani 30 frekuensi penerbangan setiap minggu ke China.

Dia mengatakan penerbangan dari dan menuju Hongkong masih dilayani dengan pengawasan penuh bersama dengan otoritas terkait.

Pihaknya terus memantau situasi terkini serta dan akan mengambil tindakan yang diperlukan, termasuk memberikan informasi terbaru, khususnya terkait degan tindak lanjut atas layanan operasional penerbangan.

Melalui penundaan sementara penerbangan ke China tersebut, Garuda Indonesia memberlakukan kebijakan yang fleksibel mekanisme pengubahan jadwal (reschedule) dan pengalihan rute (reroute) untuk layanan penerbangan dari dan menuju China.

Garuda Indonesia juga menganjurkan kepada calon penumpang untuk melakukan pengecekan jadwal penerbangan secara berkala pada kanal media sosial resmi maskapai penerbangan berpelat merah itu, seperti website, Twitter, dan Facebook khususnya untuk rute-rute yang rawan akan penyebaran virus corona. []

Berita terkait
Filipina Laporkan Kematian Karena Virus Corona
Filipina melaporkan kematian pertama terkait kasus virus corona tanggal 1 Februari 2020 yang terjadi pada warga Wuhan yang datang ke Filipina
Korban Tewas Wabah Virus Corona di China Capai 304
Wabah virus corona di China menyebabkan kematian 304, sedangkan 322 lain dinyatakan sembuh
WNI Wuhan Dievakuasi ke Natuna, Pelajar Diliburkan
Selama WNI dikarantina di Natuna, pemerintah setempat meliburkan seluruh pelajar mulai 3-17 Februari 2020.
0
DAU 25 Daerah di Sumut Dipotong, Ini Daftarnya
Menteri Keuangan RI memotong DAU sejumlah pemerintah daerah termasuk di Sumatera Utara.