Filipina Laporkan Kematian Karena Virus Corona

Filipina melaporkan kematian pertama terkait kasus virus corona tanggal 1 Februari 2020 yang terjadi pada warga Wuhan yang datang ke Filipina
Filipina hentikan \\'visa on arrival\\' bagi warga negara China (Foto: Ant)

Manila - Filipina pada Minggu, 2 Februari 2020, mengumumkan korban tewas pertama karena virus corona tipe baru. Dia adalah seorang pria China dari Wuhan, orang pertama yang tercatat telah meninggal akibat virus tersebut di luar China.

Departemen Kesehatan setempat mengatakan saat ini ada dua infeksi yang terkonfirmasi di Filipina, termasuk pria China berusia 44 tahun itu, yang meninggal pada 1 Februari 2020.

Pria itu mengalami radang paru-paru yang parah setelah dirawat di rumah sakit, kata departemen itu. Kematian itu merupakan kasus pertama yang diketahui tentang seseorang yang meninggal karena virus itu di luar China, menurut Organisasi Kesehatan Dunia. Pejabat kesehatan Filipina pada 30 Januari 2020 membenarkan kasus pertama virus corona baru di negerinya. 

Pengumuman departemen kesehatan itu menyusul tindakan pemerintah Filipina untuk memperluas larangan perjalanannya di tengah berjangkitnya virus itu hingga mencakup semua orang asing yang datang dari China. Sebelumnya pemerintah membatasi hanya mereka yang datang dari Provinsi Hubei, pusat berjangkitnya virus.

Larangan itu juga meliputi orang asing yang datang dari Hong Kong dan Macau, kata asisten khusus Presiden Rodrigo Duterte, Senator Christopher "Bong" Go. (Reuters/Antara)

Berita terkait
Korban Tewas Wabah Virus Corona di China Capai 304
Wabah virus corona di China menyebabkan kematian 304, sedangkan 322 lain dinyatakan sembuh
0
Ketua DPRD: HJB ke-539 Momentum Kebangkitan Kabupaten Bogor
Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto mengatakan Hari Jadi Bogor yang ke-539 hendaknya menjadi momentum kebangkitan Kabupaten Bogor.