UNTUK INDONESIA
Corona Belum Berdampak bagi Jemaah Umrah Siantar
100 jemaah umrah dari Kota Pematangsiantar diberangkatkan ke Arab Saudi.
Ratnawati boru Nasution, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kemenag Kota Pematangsiantar, Jumat 28 Februari 2020. (Foto: Tagar/ Jonatan Nainggolan).

Pematangsiantar Pemerintah Arab Saudi mengeluarkan kebijakan penangguhan sementara izin umrah maupun wisata, termasuk Indonesia. Hal tersebut dilakukan menyusul semakin meluasnya wabah virus corona di berbagai negara.

Namun, dampak langsung kebijakan tersebut belum dirasakan pengusaha perjalanan umrah di Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara

"Sama kita belum berdampak. Karena untuk bulan ini, jemaah umrah sudah kita berangkatkan semalam (Kamis). Ada 100 jemaah dan 3 pendamping kita berangkatkan," kata Direktur PT Multazam Wisata Agung, Zahara Yos, Jumat, 28 Februari 2020.

Zahara menyebut, jemaah umrah sudah diberangkatkan sebelum keluarnya kebijakan dari Arab Saudi. Namun, pihaknya hingga saat ini masih menunggu kepastian soal lanjutan kebijakan tersebut.

Ia mengungkapkan, pihaknya telah memberikan arahan kepada jemaah umrah yang rencananya akan berangkat. "Sepenuhnya jemaah memberikan keputusan pada kami, mereka tidak ada masalah," kata dia.

Tetap memakai masker dan makan-makanan yang penuh gizi

Untuk jemaah yang sebelumnya diberangkatkan sudah menjalankan ibadah umrah di Mekkah dan Madina. Jemaah yang sudah sampai di Arab Saudi, kata dia, belum memberikan laporan. "Semoga mereka pulang dengan selamat dan sehat," ajaknya dengan doa.

Terpisah, Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kota Pematangsiantar, Ratnawati boru Nasution mengatakan sampai saat ini belum ada dampak langsung dan laporan masuk ke pihaknya.

"Sampai sekarang belum ada dampak. Karena kemarin baru ada yang berangkat. Mereka belum ada melapor terkait gencar-gencarnya corona ini," katanya di ruang kerjanya.

Ia menganjurkan, setiap jemaah dan calon jemaah tetap menjaga kerbersihan masing-masing dan mengonsumsi makanan yang bergizi untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat.

"Tetap memakai masker dan makan-makanan yang penuh gizi. Tiap manusia itu punya daya tahan tubuh masing-masing. Cemas boleh saja, tapi jangan berlebihan," tandasnya. []

Berita terkait
Tursina Belum Ada Rencana Batalkan Jadwal Umrah
Biro perjalanan umrah, PT Tur Silaturahmi Nabi (Tursina Tours) belum ada rencana untuk membatalkan jadwal keberangkatan jemaah umrah ke Arab.
Menkes RI Sebut Jemaah Umrah Indonesia Bebas Corona
Menteri Kesehatan (Menkes) RI Terawan Agus Putranto menghargai keputusan Arab Saudi terkait larangan umrah karena corona.
Umrah Disetop, Ganjar: Jangan Ada Pungutan Tambahan
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersikap atas kebijakan Arab Saudi menutup sementara akses jemaah umrah.
0
DPR Desak Pemerintah Terbuka Soal Perubahan APBN
Politisi PKS di DPR Anis Byarwati meminta pemerintah lebih terbuka dalam memberikan informasi mengenai perubahan APBN 2020 terkait Covid-19.