Cek di Sini, Arah Rumah yang Baik Menurut Fengshui

Rumah yang menghadap timur dipagi hari, rumah akan mendapat banyak sinar matahari langsung dan ini sangat menyehatkan.
Menentukan Posisi Rumah yang Baik (Foto: Tagar/Freepik/Jcomp)

Jakarta – Menetukan arah rumah ini penting diperhatikan karena tidak jarang penjual rumah menuliskan arah rumah yang baik. Selain itu, masih banyak lagi hal yang mesti diperhatikan terkait arah rumah yang baik untuk kenyamanan rumah Anda.

Rumah yang menghadap timur dipagi hari, rumah akan mendapat banyak sinar matahari langsung dan ini sangat menyehatkan. Namun saat siang hingga sore, rumah akan menjadi panas, apalagi jika lokasinya di daerah dataran rendah atau perkotaan.

Sementara rumah yang menghadap barat, biasanya panas di sore hari, pada waktu tersebut matahari lebih condong ke arah barat, sehingga sinar matahari dan panasnya masuk ke dalam rumah. Untuk mengatasinya, akan lebih baik jika pada bagian depan rumah ditanami pohon.

Untuk anda yang suka rumah menghadap utara, teras rumah mendapat banyak sinar matahari pagi yang menyehatkan. Namun sangat disarankan untuk memberi tambahan kanopi atau tanaman di teras rumah agar sinar matahari tidak terlalu mengganggu penghuni rumah.

Bagian belakang rumah yang menghadap utara akan sangat teduh, sangat cocok untuk dijadikan tempat bersantai. Sementara posisi jemuran, arah barat atau timur bisa dipilih sesuai selera. 

Arah rumah ke selatan biasanya banyak dijumpai di negara tropis. Karena bagian teras lebih sejuk dan cocok untuk bersantuai. Selain itu sisi rumah mendapat banyak sinar matahari.


Menentukan Arah Rumah Menurut Fengshui

Tradisi budaya dari Tiongkok ini masih dipercaya dalam menentukan banyak hal, mulai dari bisnis, kerukunan rumah tangga, kesehatan, hingga arah rumah menurut fengshui. Di Indonesia, fengshui juga menjadi perhatian pengembang.

Arah rumah, letak rumah, pengaturan ruangan, letak pintu dan jendela, hingga shio tahun yang berjalan memengaruhi kesehatan, rezeki, hingga keharmonisan hidup penghuninya. 

Arah rumah yang kini baik adalah menghadap utara-selatan. Logikanya, rumah yang menghadap timur atau barat membuat rumah terlalu panas oleh sinar matahari.

Arah rumah yang baik menurut fengshui yaitu rumah yang dapat mengalirkan udara, air, sinar matahari, dan memiliki keselarasan unsur logam, tanah, kayu, air, dan api. Ini diterapkan pada setiap ruangan dirumah. 

Ruang tamu menjadi lokasi ruangan yang paling banyak dilalui dirumah. Untuk memperlancar rezeki, ruangan utama yang harus diperhatikan adalah ruang tamu.

Untuk posisi kamar tidur yang baik sebaiknya menghindari bersebelahan dengan dapur. Komposisi ini akan merusak keharmonisan hubungan suami-istri dan keberuntungan keluarga. 

Selain itu, faktor hoki atau musibah yang diprediksi. Alasan pantangan ini cukup masuk akal, selain memiliki hawa panas dari kompor, dapur juga bisa jadi sumber kebisingan dan menyebabkan emosi.[]


(Egy Setya Ramadhan)

Baca Juga:

Berita terkait
9 Benda Dekorasi Fengshui yang Dipercaya Membawa Hoki
Menurut fengshui berikut benda yang dipercaya dapat memberi kemakmuran bagi pemiliknya. Bagaimana makna di balik hiasan tersebut?
Nasib Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandi Menurut Fengshui
Nasib Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo-Sandiaga menurut Master Fengshui Indonesia Yohan Suyangga
Cek Cara Mudah Menghitung Bunga Deposito di Sini
Cara menghitung bunga deposito menjadi salah satu hal terpenting yang harus kamu ketahui sebelum membuka deposito.
0
Cek di Sini, Arah Rumah yang Baik Menurut Fengshui
Rumah yang menghadap timur dipagi hari, rumah akan mendapat banyak sinar matahari langsung dan ini sangat menyehatkan.