Cegah Varian Mu, DPR: Pemerintah Siapkan Skenario Terburuk

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Nihayatul Wafiroh meminta pemerintah untuk segara persiapkan skenario terburuk hadapi varian MU di Indonesia.
Ilustrasi. Varian Mu. (Foto: Tagar/Dok Istimewa)

Jakarta - Wakil Ketua Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI) Nihayatul Wafiroh meminta pemerintah untuk segera memperketat pengawasan arus masuk orang yang berasal dari luar negeri untuk mencegah varian Mu di Tanah Air.  

Pengawasan ini harus menjadi fokus utama seiring menyusul munculnya varian virus baru Covid-19, yaitu varian Mu (B1621). Virus tersebut diduga lebih kebal terhadap vaksin sehingga berpotensi menyebabkan gelombang pandemi Corona ketiga.

“Pemerintah harus segera membuat langkah-langkah antisipatif agar varian Mu tidak masuk ke Indonesia. Untuk mencegah imported case, pemerintah perlu memperketat pengawasan mobilitas orang baik dalam maupun luar negeri,” ucap Nihayatu dalam keterangan pers Rabu, 8 September 2021.


Jangan sampai terulang kembali peristiwa menyedihkan seperti kemarin stok obat yang langka rumah sakit penuh tabung oksigen susah dicari dan lain sebagainya.


Menurut politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu, protokol kesehataan dan skrining harus diperketat dan dilaksanakan maksimal kembali, baik di bandara, pelabuhan, maupun pintu-pintu masuk kedatangan orang dari luar negeri. 

Adanya peringatan ini menjadi pertimbangan agar dampak yang timbulkan bisa dicegah dan tidak merusak ke berbagai sektor vital di Indonesia, termasuk sektor perekonomian.

Ia berharap Kementerian Kesehatan dan Satgas Penanganan Covid-19 bersama kementerian/lembaga terkait turut menyiapkan skenario terburuk jika terjadi gelombang ketiga akibat varian Mu.

Mengingat sebelumnya, Indonesia pernah melalui lonjakan kasus Corona pada beberapa bulan lalu, yang menyebabkan fasilitas kesehatan terpuruk. 

“Jangan sampai terulang kembali peristiwa menyedihkan seperti kemarin. Stok obat yang langka, rumah sakit penuh, tabung oksigen susah dicari, dan lain sebagainya,” ucapnya.

Ia juga mengatakan pemerintah harus segera menyiapkan regulasi khusus penanganan krisis dan segala infrastuktur kesehatan dalam upaya pencegahan masuknya varian Mu Corona. 

“Artinya, pemerintah perlu benar-benar memastikan kesiapan dalam menghadapi kemungkinan ancaman gelombang ketiga akibat pandemi,” ujarnya.  []

Berita terkait
Jokowi Minta Jajarannya Waspada Ancaman Covid-19 Varian Mu
Presiden Jokowi meminta semua pihak untuk terus waspada karena munculnya hasil mutasi baru virus Covid-19, varian Mu
Pemerintah Gerak Cepat Antisipasi Cegah Covid-19 Varian Mu
Budi Karya Sumadi mengatakan Kemenhub juga berupaya meningkatkan konsolidasi internal dan melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait.
Instruksi Presiden Jokowi Soal Covid-19 Varian Mu
Jokowi mendesak Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi untuk lebih memperhatikan mobilitas masyarakat dan mewaspadai penularan terkait hal ini.
0
Cegah Varian Mu, DPR: Pemerintah Siapkan Skenario Terburuk
Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Nihayatul Wafiroh meminta pemerintah untuk segara persiapkan skenario terburuk hadapi varian MU di Indonesia.