Catatan Ade Armando Soal Rencana Besar Rizieq Shihab

Ade Armando menilai adanya sederet rencana besar yang menimbulkan pertanyaan publik soal kepulangan Rizieq Shihab ke tanah air.
Ade Armando menilai adanya sederet rencana besar yang menimbulkan pertanyaan publik soal kepulangan Rizieq Shihab ke tanah air. (Foto: Tagar/Dok Tagar TV)

Jakarta - Pengamat Komunikasi Politik Universitas Indonesia (UI) Ade Armando menilai adanya sederet rencana besar yang menimbulkan pertanyaan publik soal kepulangan Rizieq Shihab ke tanah air. Menurutnya, ada dua sisi yang bisa dianalisis yaitu sikap pemerintah dan blunder Rizieq Shihab. 

Ade Armando menyebut beberapa kerumunan massa yang terjadi sejak kepulangan Rizieq Shihab, patut diduga ada rencana besar yang dipersiapkan pentolan FPI itu.

“Saya menduga dan percaya ini semua ada kekuatan yang mengorganisir dan sengaja melakukan mobilisasi. Ini tidak bisa dipandang kerumunan yang reflek terjadi karena kerinduan semata kepada Rizieq Shihab saja," kata Ade diwawancara Tagar TV, Rabu, 18 November 2020.

Ade menyebut Rizieq Shihab beserta para pendukungnya sengaja menunjukkan besarnya kelompok mereka. 

"Jadi ini semacam show of forces (unjuk kekuatan) yang menunjukkan eksistensi mereka. Itu yang menyebabkan kekecewaan banyak orang karena Pemerintahan Jokowi seolah membiarkan saja," katanya.

Baca juga: Ade Armando: Kalau Rizieq Shihab Miskin, Minta ke Anies

Ad Armando menilai kerumunan massa yang terjadi sejak pulangnya Rizieq Shihab sebagai suatu fenomena yang biasa saja. Namun, hal itu juga menjadi blunder tersendiri bagi popularitas Rizieq Shihab. 

"Maka apa yang terjadi dalam beberapa hari, seolah tidak pernah ada preseden sebelumnya. Jumlahnya memang besar, tapi ya biasa-biasa. Lalu diikuti pula acara kerumunan berikutnya, ini bisa dinilai publik dalam dua sisi. Kecewa pada pemerintah pusat yang seolah membiarkan, atau kecewa pada sikap pendukung Rizieq Shihab," katanya. 


"Ini juga blunder, apa yang terjadi belakangan ini memunculkan antipati. Terutama, dari kalangan yang terdampak seperti kelas menengah ke atas. Apalagi mereka yang terganggu saat ke bandara waktu itu. Foto yang menampakkan kursi rusak, mencerminkan ketidakberadaban kelompok pendukung Rizieq," imbuh Ade.

Kekecewaan dan ketidaknyamanan masyarakat umum kepada Rizieq Shihab dan pendukungnya dinilai Ade Armando akiabt akumulasi sikap yang dipertontonkan kepada publik beberapa hari belakangan ini.

"Udah bikin kerumunan, merusak, menginjak tanaman, bikin macet, sombong mengabaikan protokol kesehatan, ditambah lagi mencaci dan menghina Nikita Mirzani. Ini semua, saya percaya menumbuhkan antipati, kesal, marah, atau ketidaknyaman terhadap apa yang dilakukan Rizieq dan kawan-kawan ini," pungkas Ade.[]

Berita terkait
Masker untuk Pesta Rizieq Shihab, Satgas Covid-19 Tidak Adil
Satgas Covid-19 dinilai tebang pilih dalam menerapkan protokol kesehatan saat kirim 20.000 masker untuk pesta pernikahan putri Rizieq Shihab.
Beda Sikap Satgas: Resepsi Rizieq Shihab dan Gubernur Sumbar
Perbedaan sikap Satgas Covid-19, antara Resepsi Nikah Putra Gubernur Sumbar, serta pernikahan puteri keempat Habib Rizieq Shihab.
Kirim Masker ke Rizieq Shihab, Alibi Doni Monardo Berantakan
Pemberian 20.000 masker untuk resepsi pernikahan putri Rizieq Shihab oleh BNPB dikecam. Ade Armando menyebut kebijakan Doni Monardo berantakan.
0
Menperin: Industri Kosmetik dan Produk Wellness Perlu Beradaptasi
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan,Untuk terus bertahan, industri kosmetik dan produk wellness perlu terus beradaptasi.