UNTUK INDONESIA
Cari Veronica Koman, Polda Jatim ke Konjen Australia
Polda Jatim terus berusaha memulangkan tersangka dugaan penghasutan insiden asrama Papua di Surabaya, Veronica Koman.
Veronica Koman (kanan). (Foto: Twitter/VeronicaKoman)

Surabaya - Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur (Jatim) terus berusaha memulangkan tersangka dugaan penghasutan insiden Asrama Mahasiswa Papua di Surabaya, Jatim, Veronica Koman ke Indonesia dari Australia.

Langkah terbaru Polda Jatim bertandang ke Konsulat Jenderal (Konjen) Australia di Surabaya untuk berkoordinasi. Wakapolda Jatim Brigjen Pol Toni Harmanto mengatakan upaya ini bagian dari proses penyidikan terhadap Veronica Koman.

"Pagi ini kita datang ke konjen memastikan keberadaan yg bersangkutan di negara atau d wilayah mana di Australia untuk itu," ujar Toni kepada awak media, Rabu 11 September 2019.

Mereka menyampaikan tidak akan mencampuri masalah hukum di Indonesia dan kita berharap juga ada kerja sama yang diberikan kepada kita untuk permohonan.

Sebelumnya Polda Jatim telah menyampaikan data terkait tersangka Veronica Koman kepada instansi lain, yaitu Direktorat Jenderal Imigrasi dan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

"Walaupun secara administrasi melalui Hubinter Mabes Polri kemudian Imigrasi dan Hukum dan HAM yang kita lakukan beberapa waktu lalu. Salah satunya ini yang kita kerjakan dengan Konjen Australia di Surabaya," kata dia.

Toni HarmantoWakapolda Jatim, Brigjen Pol Toni Harmanto (kiri). (Foto: Istimewa)

Hasil pertemuan tersebut, kata Toni, Konjen Australia memastikan tidak akan memcampuri masalah hukum yang ada di Indonesia. Dari situ Toni berharap ada kerja sama antara kedua belah pihak guna memulangkan Veronica Koman.

"Mereka menyampaikan tidak akan mencampuri masalah hukum di Indonesia dan kita berharap juga ada kerja sama yang diberikan kepada kita untuk permohonan," kata Toni.

Dalam kesempatan berbeda Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan mengatakan telah menyelidiki transaksi keuangan Veronica Koman melalui dua rekening bank miliknya di dalam dan luar negeri.

"Kami sudah mengembangkan juga transaksi keuangan untuk mendalami masuk dan keluarnya," kata dia.

Luki menjelaskan pengawasan transaksi keuangan untuk mencari benang merah terkait demo di berujung kericuhan di sejumlah titik di Papua. "Kami akan mencari tahu masuk dari mana dan keluar kepada siapa," tuturnya.

Baca juga:

Berita terkait
Polisi Awasi Transaksi Rekening Bank Veronica Koman
Luki mengaku pihaknya juga sudah mengembangkan terkait transaksi keuangan Veronica melalui dua rekening bank.
Pencabutan Paspor Veronica Koman Upaya Menabrak Hukum
Direktur Eksekutif Amnesty Internasional Indonesia, Usman Hamid menyebut rencana pencabutan paspor milik aktivis HAM Veronica Koman menabrak hukum.
Advokat Papua Veronica Koman Kebal Hukum
Veronika Koman tidak dapat ditindak pidana maupun perdata apabila sedang menjalankan provesinya sebagai advokat Papua. Seperti apa langkah Polisi?
0
25 Bal Ganja Aceh, Gagal Beredar di Palembang
Satuan Reserse Narkoba Polres Langkat berhasil menggagalkan peredaran 25 bal ganja asal Aceh ke Palembang.