UNTUK INDONESIA

Cara Mudah Buat Kopi Cold Brew Ala Coffee Shop di Rumah

Kopi cold brew kini jadi menu favorit di banyak kafe. Ternyata membuat kopi cold brew caranya tidak rumit. Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah.
Ilustrasi Kopi Cold Brew. (Foto: Tagar/chefsteps)

Jakarta – Seiring dengan maraknya coffee shop, kopi cold brew jadi menu favorit di banyak kafe. Selain manual brew, penggemar berat kopi juga menyukai kopi cold brew. Jika biasanya kopi diseduh dengan air panas dan didiamkan beberapa menit, berbeda dengan cold brew, kopi diseduh dengan cara direndam air dingin selama beberapa jam.

Sebenarnya, konsep dasar cold brew adalah mencampur air dingin atau air bersuhu ruangan dengan bubuk kopi yang digiling kasar, lalu didiamkan selama 12 jam kemudian disaring. Konsentrat kopi yang diperoleh dapat disajikan sebagai minuman hangat atau dingin..

Penasaran ingin membuatnya dirumah? Jangan khawatir, kamu hanya perlu menyiapkan biji kopi favorit yang sudah disangrai, dan air dingin. Alat-alat yang digunakan juga sangat sederhana. Berikut cara membuat cold brew ala coffee shop di rumah mengutip dari Kristine's Kitchen.

1. Rasio kopi dan air

KopiIlustrasi Rasio kopi dan air. (Foto: Tagar/pinterest)

Rasio kopi dan air akan berpengaruh terhadap kepekatan kopi. Semakin banyak air dibanding kopi maka hasil seduhannya akan semakin encer. Ukuran standar pembuatan kopi cold brew adalah menggunakan 128 gram bubuk kopi untuk 1 cangkir air dingin (236 ml). Perbandingan ini masih bisa disesuaikan dengan selera. Busa dibuat lebih pekat ataupun lebih cair.

Untuk membuat kopi cold brew disarankan memakai biji kopi yang digiling tidak terlalu halus atau coarse. Biji kopi pada tingkat kehalusan ini akan menghasilkan ekstraksi yang lebih baik dibanding dengan memakai biji kopi yang terlalu halus.

2. Waktu penyimpanan

Selanjutnya campurkan kopi yang sudah digiling dengan air dingin pada gelas kaca. Setelah mencampurkan kopi dan air dingin pada gelas, langkah selanjutnya adalah menyimpan kopi untuk membiarkannya terekstraksi. Ini bertujuan untuk menghasilkan kopi yang sudah terekstraksi pada air dengan sangat baik.

Waktu ideal untuk ‘merendam’ kopi cold brew umumnya adalah 8 jam – 12 jam, tapi durasi lamanya pendinginan ini kembali lagi kepada selera masing-masing. Untuk menghasilkan cold brew yang lebih enak dan mengurangi rasa pahitnya, disarankan untuk menyimpannya lebih lama.

3. Menyaring kopi

KopiIlsutrasi menyaring kopi. (Foto: Tagar/pinterest)

Langkah terakhir untuk menyajikan kopi cold brew adalah dengan menyaringnya. Untuk memisahkan ampas kopi dengan kopi yang sudah bisa diminum, cold brew membutuhkan proses penyaringan terlebih dahulu.

Cara yang lebih mudah untuk menyaring cold brew, bisa dengan menggunakan kain halus dan mangkuk yang cukup besar. Kain atau saringan yang halus ini akan memisahkan ampas kopi bahkan sampai butiran terkecil sekalipun. Sehingga kopi yang masuk ke dalam cangkir untuk disajikan bisa terbebas dari ampas kopi.

Kopi cold brew yang sudah disaring masih bisa disimpan lagi menggunakan wadah kaca yang cukup besar dan ditutup rapat. Cold brew bisa disimpan di dalam kulkas dan bertahan dalam waktu kurang dari dua minggu.

Tips:

- Pastikan biji kopi ditumbuk kasar, jangan gunakan bubuk kopi yang terlalu halus karena proses ekstrak yang tidak bisa dibilang singkat akan menciptakan aftertaste pahit yang berlebihan.

- Gunakan air yang telah disaring, jika memungkinkan. Secangkir kopi akan memiliki rasa yang lebih bersih dan manis jika Anda menggunakan air yang telah disaring untuk membuatnya.

- Supaya hasil seduhannya maksimal, pilih kopi yang segar (kira-kira berumur 2 minggu setelah tanggal roasting) dan giling kopi sesaat sebelum diseduh. Ingat, tekstur gilingan, tidak perlu terlalu halus.

- Pilih kopi yang memiliki cita rasa asam (acidity)yang tinggi, seperti kopi dari Toraja atau Bali. Sebaiknya jangan memakai kopi dengan cita rasa asam yang rendah karena hasil seduhan kopi dengan metode cold brew sendiri rasa asamnya sudah turun drastis.

- Bisa menambahkan air atau susu dengan menggunakan rasio 1:3 (1/4 bagian untuk konsentrat kopi dan 3/4 bagian untuk air atau susu). Rasio ini tidak bersifat mutlak, jadi anda bisa mengubah rasio sesuai dengan selera.

(Viona Bono Valvinka)

Berita terkait
Resep Minuman Coffee Latte Ala Cafe, Favorit Banyak Orang
Berikut resep coffee latte ala cafe tanpa menggunakan mesin yang menjadi favorit banyak orang.
Resep Dalgona Coffee Cocok Saat Pandemi Corona
Es kopi Korea, Dalgona Coffee belakangan ini viral di media sosial. Berikut resep membuat Dalgona Coffee di rumah.
Pilona Coffee, Nongkrong Asik Seruput Es Kopi Kekinian
Pilona Coffee terus mengembangkan usahanya dan bersaing dalam tren bisnis Es Kopi Susu kekinian dengan membuka cabang baru.
0
Cara Mudah Buat Kopi Cold Brew Ala Coffee Shop di Rumah
Kopi cold brew kini jadi menu favorit di banyak kafe. Ternyata membuat kopi cold brew caranya tidak rumit. Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah.