Cara Menghilangkan Karang Gigi yang Membandel

Cara menghindari dan menghilangkan karang gigi yang membandel bertahun-tahun, lakukan lima kebiasaan berikut ini.
Ilustrasi - Cara menghilangkan karang gigi. (Foto: Tagar/Orami)

Jakarta – Banyak orang yang ingin tampak bersih termasuk memperlihatkan gigi putih, tetapi banyak juga yang masih mencari solusi terkait karang gigi yang membandel sangat sulit dibersihkan.

Karang gigi merupakan lapisan yang menempel pada gigi dan berada di bawah garis gusi. Kotoran ini juga biasa disebut dengan plak gigi yang merupakan protein yang bercampur dengan makanan.

Pasalnya karang gigi merupakan tempat bersarang bakteri yang dapat merusak email gigi dan menyebabkan gigi berlubang. Meski ada banyak cara menghilangkan karang gigi dan mencegah kerusakan yang diakibatkannya tetapi usaha tersebut perlu dilakukan secara teratur.

Nah, berdasarkan sejumlah sumber Tagar merangkum cara menghilangkan karang gigi dengan cepat dan mudah dilakukan sebagai berikut.

  • Sikat gigi teratur

Cara menghilangkan karang gigi yang paling utama adalah dengan rutin sikat gigi. Gigi perlu disikat secara teratur sebanyak dua kali sehari selama dua menit. Jika gigi digosok kurang dari dua menit lamanya, hal itu tidak dapat menghilangkan plak atau mencegah munculnya karang gigi.

Sikat gigi yang digunakan juga harus memiliki bulu sikat yang lembut dan kecil agar dapat masuk ke dalam sela-sela gigi dan permukaan yang sulit dijangkau seperti belakang gigi dan gigi geraham belakang untuk dapat menghilangkan karang gigi.

  • Pilihlah sikat gigi elektronik

Memilih sikat gigi yang tepat adalah salah satu cara menghilangkan karang gigi. Studi menunjukkan bahwa sikat gigi elektrik ternyata lebih baik dalam menghilangkan karang gigi dan plak yang membandel dibandingkan dengan sikat gigi manual.

Tetapi, jika Anda lebih memilih menggunakan sikat gigi manual, pastikan sikat gigi tersebut telah menjalani kontrol kualitas dan uji keamanan yang ketat.

  • Pasta gigi dengan fluoride

Memilih pasta gigi yang mengandung fluoride dapat membantu melawan bakteri dalam plak dan dapat menghilangkan karang gigi. Pasta gigi yang mengandung fluoride juga dapat memperbaiki kerusakan email.

  • Gunakan produk pembersih mulut

Produk pembersih mulut atau obat kumur bisa membantu menyegarkan napas dan sekaligus membersihkan plak gigi. Namun, Anda juga perlu tahu bahwa ada jenis obat kumur yang justru bisa membuat rongga mulut menjadi kering dan memicu munculnya plak.

  • Hindari konsumsi makanan dan minuman manis

Anda harus menghindari makan manis seperti kue, cokelat, atau permen secara berlebihan, serta penuhi asupan gizi seimbang dan batasi konsumsi camilan. 

Jika memang Anda ingin mengonsumsi camilan, pilihlah yogurt yang tidak memiliki tambahan pemanis atau perasa tambahan atau buah-buahan.

Nah, Anda bisa mencobanya untuk menghilangkan karang gigi yang sudah lama menempel pada gigi cantik Anda. []

Berita terkait
Grammy Awards 2020 Perempuan Unjuk Gigi
Perhelatan Grammy Awards 2020 dibalut suasana duka pasca bintang NBA, Kobe Bryant, meninggal dunia, Billie Eilish sabet lima penghargaan
5 Kesalahan Umum Saat Menyikat Gigi
Mengutip informasi dari berbagai sumber, berikut Tagar rangkumkan sejumlah kesalahan dalam menyikat gigi.
Efek Samping Minum Kopi Pada Gigi
Minuman kopi memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh, namun juga memiliki efek samping pada gigi.
0
Jalan Tol Serpong-Cinere Bayar Rp 11.000 Mulai 2 Juni
Jalan Tol Serpong-Cinere, ruas Seksi I Serpong-Pamulang mulai dikenakan tarif sebesar Rp11.000 untuk golongan 1 mulai Rabu, 2 Juni 2021.