Cara Menghemat Kuota Saat Nonton Netflix Berjam-jam

Menonton video di aplikasi Netflix menggunakan jumlah data yang bervariasi per jam, tergantung pada kualitas video.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Ist)

Bagi Anda yang hobi nonton film bioskop, Netflix akan menjadi teman setia Anda untuk mencari hiburan dan membuat Anda betah nonton selama berjam-jam. Tentunya, hal ini akan membuat kouta internet Anda cepat habis. Tapi, ada tips yang membantu Anda menghemat kuota data saat sedang menonton Netflix.

Dilansir dari India Today, Selasa, 23 November 2021, menonton video di aplikasi Netflix menggunakan jumlah data yang bervariasi per jam, tergantung pada kualitas video. 

Ada empat pengaturan kualitas video yang tersedia di aplikasi.

Kualitas video Low menghabiskan hingga 0,3 GB data per jam. Ini adalah kualitas video dasar.

High adalah kualitas video terbaik di mana definisi tinggi hingga 3GB, video 4K memakan hingga 7GB data per jam. 

Terakhir adalah Auto adjustment yang secara otomatis menyesuaikan untuk memberikan kualitas setinggi mungkin, berdasarkan kecepatan koneksi internet Anda saat ini.

Anda dapat memilih pengaturan data yang berbeda untuk setiap akun di aplikasi. Anda juga dapat memeriksa kecepatan internet Anda di aplikasi dengan cara berikut ini.

1. Buka opsi menu dan pilih Pengaturan aplikasi.

2. Gulir ke bawah dan Anda akan melihat bagian Diagnostik. Di bawah itu, Anda akan menemukan opsi Tes Kecepatan Internet. Ketuk itu untuk mengetahui kecepatan internet Anda.

Netflix menawarkan empat pengaturan data seluler-Otomatis, Hanya WiFi, Hemat data dan Data maksimum. Pilihan Otomatis dan Netflix dengan WiFi saja, streaming hanya terjadi saat terhubung ke WiFi.

Dengan Hemat data, Anda dapat menonton video sekitar enam jam per GB data. Data maksimum adalah kualitas tertinggi yang mungkin untuk perangkat Anda. Namun, disarankan hanya jika Anda memiliki paket tak terbatas.

Cara mengubah pengaturan Netflix untuk membantu menghemat data seluler:

1. Buka aplikasi Netflix dan pilih Pengaturan Aplikasi.

2. Pilih Penggunaan data seluler di bawah Pemutaran Video. Anda dapat menyesuaikan pengaturan data unduhan, mengaktifkan atau menonaktifkan WiFi Saja di bawah Unduhan. 

3. Terakhir, pilih pengaturan pilihan Anda.


Selesai, Anda bisa sering - sering nonton Netflix tapi tetap hemat kuota. []


Baca Juga:

Berita terkait
Tayang 2022, Netflix Resmikan Trailer Stranger Things Musim 4
Akhirnya penantian menuai hasil karena di tahun 2022 diumumkan sebagai tahun rilis musim 4 Stranger Things yang akan tayang pada tahun 2022.
Serial Netflix ‘YOU’ Musim Ketiga Kembali Hadir Oktober 2021
YOU adalah serial televisi thriller psikologis yang awalnya tayang perdana di Lifetime pada 9 September 2018, di Amerika Serikat.
Netflix Bakal Rilis Film Termahal Berjudul Red Notice
Ryan Reynolds, Dwayne "The Rock" Johnson, dan Gal Gadot bermain untuk film termahal Netflix sejauh ini berjudul Red Notice.
0
Cara Berasuransi Agar Tidak Merugi ala Lolita Setyawati
Besaran premi ditentukan oleh penyedia asuransi dan disepakati oleh pemegang polis. Besar kecil premi akan ditentukan oleh banyak faktor.