Cara Mengatasi Sakit Pada Siku yang Muncul Tiba-tiba

Sakit atau nyeri pada siku ringan biasanya akan membaik dengan sendirinya kendati begitu Anda perlu tahu cara mengatasinya.
Ilustrasi - Sakit pada siku. (Foto: Tagar/Shutterstock)

Jakarta - Sakit atau nyeri pada siku ringan biasanya akan membaik dengan sendirinya. Anda hanya perlu membatasi pergerakan tangan dan menempelkan kompres air dingin untuk meringankan rasa sakit.

Namun, pada masalah kesehatan tertentu, Anda perlu pengobatan dokter. Biasanya Dokter harus lebih dahulu mencari tahu penyebab yang mendasarinya, baru memutuskan pengobatan mana yang paling efektif. Berikut cara mengatasi sikut yang sakit.


1. Rematik

Tidak berbeda jauh dengan pengobatan osteoarthritis, Anda bisa meringankan rematik dengan minum obat antinyeri dan kortikosteroid. 

Namun, dokter juga akan meresepkan obat untuk mengubah respons bologis untuk mengurangi peradangan dan obat untuk memperlambat keparahan rematik. Kemungkinan prosedur operasi jika rematik sudah cukup parah.


2. Tendinitis

Gejala tendinitis bisa Anda redakan dengan minum obat pereda nyeri, penggunaan bidai pada area sikut yang nyeri, atau operasi perbaikan tendon jika tendon telah robek dari tulang.

Kendati begitu, penting Anda ketahui, setiap konsumsi obat memiliki efek samping. Sebagai contoh dapat menyebabkan iritasi pada lambung, kerusakan ginjal, dan gangguan fungsi hati. Jadi, perlu pengawasan dokter dalam penggunaan obat.


3. Bursitis

Sama seperti kasus terkilir, dokter juga akan meresepkan obat pereda nyeri pada orang yang mengalami bursitis. Bila ini tidak efektif, penyuntikan kortikosteroid akan dilakukan, atau bursae yang meradang perlu dikeringkan lewat pembedahan.


4. Osteoarthritis

Selain obat antinyeri, baik itu acetaminophen atau kortikosteroid, maka orang yang mengalami osteoarthritis perlu melakukan terapi okupasi. 

Tujuannya untuk memudahkan pasien melakukan kegiatan sehari-hari tanpa memicu munculnya gejala sakit pada siku. Operasi juga mungkin dokter rekomendasikan untuk mengganti sendi yang bermasalah.


5. Terkilir dan patah tulang

Pada kasus terkilir dan patah tulang, dokter akan meresepkan obat pereda nyeri dan pelemas otot. Bagian siku dan lengan yang sakit perlu dibidai dan Anda harus beristirahat dari berbagai macam aktivitas untuk mempercepat proses pemulihan patah tulang. 

Selain cara di atas, perubahan gaya hidup juga perlu pasien lakukan. Ini meliputi pembatasan aktivitas tertentu, menjaga pola makan, istirahat yang cukup, dan menghentikan kebiasaan yang bisa memperlambat proses penyembuhan, seperti merokok dan minum alkohol. []

Berita terkait
Sejumlah Manfaat Terapi Lintah Bagi Kesehatan
Banyak dokter merekomendasikan terapi lintah, karena sejumlah studi dan laporan ilmiah telah mengkonfirmasi manfaat metode perawatan ini.
7 Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan yang Mengejutkan
Tak hanya menyegarkan, dengan berbagai kandungan nutrisinya, buah mangga bisa memberikan sejumlah manfaat. Berikut ulasannya.
7 Manfaat Pisang Bagi Kesehatan Tubuh
Tak hanya memili rasa yang begitu manis, pisang juga mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Berikut manfaat pisang bagi kesehatan.
0
Cara Mengatasi Sakit Pada Siku yang Muncul Tiba-tiba
Sakit atau nyeri pada siku ringan biasanya akan membaik dengan sendirinya kendati begitu Anda perlu tahu cara mengatasinya.