4 Cara Memilih Susu untuk Penderita TB

Pasien TB (tuberkulosis) harus mengonsumsi makanan sehat bergizi, seperti susu. Berikut beberapa cara dalam memilih susu.
Ilustrasi - Susu. (Foto: Tagar/iStock)

Jakarta - Pasien TB (tuberkulosis) harus mengonsumsi makanan sehat bergizi, seperti susu, agar kebutuhan nutrisi tercukupi. Namun, tahukah Anda seperti apa susu yang paling baik untuk penderita TB.

Susu mengandung banyak manfaat yang menyehatkan tubuh Anda mulai dari kalsium, vitamin D, lemak, hingga protein hewani. Kandungan gizi di dalamnya membantu menjaga kesehatan tulang, menambah energi, dan membangun sel-sel tubuh.

Penderita TB boleh mengonsumsi susu. Namun, tidak semua jenis susu yang ada di pasaran baik untuk penderita TB. Berikut beberapa cara dalam memilih susu yang baik untuk penderita tuberkulosis.


1. Pilih susu yang dipasteurisasi

Susu yang paling baik untuk pengidap tuberkulosis adalah susu yang dipasteurisasi, bukan susu mentah (raw milk) yang berasal dari perasan sapi langsung.

Pasteurisasi adalah metode untuk mensterilkan susu dari bakteri yang ada di dalamnya. Caranya, memanaskan susu dengan suhu dalam durasi tertentu. Suhu panas akan mematikan bakteri yang bisa menginfeksi tubuh Anda jika diminum.

Ada juga metode lain untuk mematikan bakteri di dalam susu, yakni Ultra High Temperature (UHT). Bedanya pengaturan suhu UHT jauh lebih tinggi ketimbang proses pasterurisasi. Jadi, Anda bisa memilih susu yang dilabeli dengan keterangan pasteurisasi atau proses UHT pada kemasannya.


2. Lihat kategori usianya

Anda perlu melihat kategori usia pada susu yang akan dibeli. Pasalnya, penyakit TB bisa menyerang bayi hingga lansia dan susu pun memiliki sasaran usia yang berbeda-beda.

Kandungan nutrisi pada susu orang dewasa dan anak-anak itu berbeda. Kandungan tersebut disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi pada anak dan orang dewasa yang juga berbeda. Jadi, jangan berikan susu untuk orang dewasa pada anak yang mengidap TB. Akan lebih baik jika Anda menyesuaikan pilihan susu dengan usia anak saat itu.


3. Sesuaikan dengan kesehatan penderita TB

Susu yang paling baik untuk penderita TB itu harus sesuai dengan kondisi kesehatan tubuhnya. Maksudnya, tidak jarang orang yang mengalami TB juga memiliki masalah kesehatan lain, misalnya hipertensi. Pada orang dengan kondisi ini, lebih baik memilih susu yang rendah lemak.

Pengidap TB yang sedang hamil lebih baik memilih susu khusus untuk ibu hamil. Susu ibu hamil biasanya lebih kaya dengan asam folat, zat besi, dan minrel penting lainnya, ketimbang susu biasa.


4. Konsultasi ke dokter atau ahli gizi

Memilih susu yang baik untuk penderita TB mungkin bukan tugas yang mudah bagi semua orang. Apalagi jika penderitanya memiliki alergi atau masalah kesehatan tertentu.

Bila Anda mengalami kesulitan, jangan ragu untuk konsultasi pada dokter maupun ahli gizi. Dokter dan ahli gizi akan membantu Anda dalam memilih susu dan produk susu yang tepat sesuai dengan kebutuhan. []

Berita terkait
Sejumlah Manfaat Terapi Lintah Bagi Kesehatan
Banyak dokter merekomendasikan terapi lintah, karena sejumlah studi dan laporan ilmiah telah mengkonfirmasi manfaat metode perawatan ini.
7 Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan yang Mengejutkan
Tak hanya menyegarkan, dengan berbagai kandungan nutrisinya, buah mangga bisa memberikan sejumlah manfaat. Berikut ulasannya.
Manfaat Labu Kuning untuk untuk Kesehatan
Labu kuning adalah buah asli Amerika Utara, hampir semua bagian labu kuning bisa dimanfaatkan. Berikut manfaat labu kuning untuk kesehatan.
0
4 Cara Memilih Susu untuk Penderita TB
Pasien TB (tuberkulosis) harus mengonsumsi makanan sehat bergizi, seperti susu. Berikut beberapa cara dalam memilih susu.