Cara Mendapatkan BLT Dana Desa Selama PPKM Darurat

Budi Arie Setiadi menjelaskan bahwa kriteria penerima BLT dana desa ditetapkan melalui musyawarah di tingkat pemangku kepentingan desa.
Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, (Wamendes PDTT) Budi Arie Setiadi. (Foto:Tagar/Kemendes PDTT)

Jakarta - Pemerintah telah memprioritaskan dana desa untuk penanganan Covid-19 di tengah PPKM Darurat berupa BLT dana desa sebesar Rp 300 ribu per bulan. Pemerintah akan mempercepat penyalurannya kepada 8 juta orang penerima.

Bagaimana cara mendapatkan BLT dana desa?

Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Wamendes PDTT) Budi Arie Setiadi menjelaskan bahwa kriteria penerima BLT dana desa ditetapkan melalui musyawarah di tingkat pemangku kepentingan desa.

"Bantuan langsung tunai dana desa itu diputuskan oleh musyawarah perencanaan pembangunan desa khusus," kata Budi Arie dalam diskusi virtual, Kamis, 15 Juli 2021.

Dia menjelaskan, penentuan siapa yang dapat menerima BLT dana desa melalui mekanisme tersebut untuk memastikan pemberian bantuan tepat sasaran kepada yang berhak.

"Karena yang tahu warga masyarakat yang paling membutuhkan dan belum menerima berbagai skema bantuan sosial itu kan warga desa itu sendiri. Jadi skema bantuan langsung tunai dana desa ini menurut hemat kami dari hasil pemantauan saya di lapangan memang pasti tepat sasaran," ujarnya.


Bantuan langsung tunai dana desa itu diputuskan oleh musyawarah perencanaan pembangunan desa khusus.


Dia juga menjelaskan bahwa BLT dana desa adalah jaring pengaman sosial terakhir untuk masyarakat. Ada beberapa jenis bansos lainnya yang digelontorkan untuk warga yang membutuhkan.

"Ada beberapa skema dari pemerintah dari mulai bantuan sosial, bantuan langsung tunai Kemensos, bantuan dari kabupaten/provinsi dan lain-lain. BLT dana desa ini sebenarnya jaring pengaman terakhir," katanya. []

Baca Juga: Cara Daftar BPUM BLT UMKM 2021 Tahap 3

Berita terkait
BLT Dana Desa Sudah Disalurkan ke 49.095 Desa
Sampai 8 Mei 2021 BLT Dana Desa telah disalurkan ke 49.095 desa dari 74.961 desa dengan total anggaran sebesar Rp 2,27 triliun
Simak Syarat Mendapat BLT PKH Rp 3 Juta Khusus Ibu Hamil
Ini syarat penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Rp 3 juta kepada ibu hamil dan Balita.
Jokowi Wanti-wanti Dana BLT Jabodetabek Tidak Boleh Membeli Rokok
Menko PMK Muhadjir Effendy menyampaikan pesan Presiden Jokowi bahwa dana BLT Jabodetabek tidak boleh digunakan untuk membeli rokok.
0
Amerika Luncurkan Stimulus untuk Keluarga yang Miliki Anak
Pemerintahan Presiden Biden, 15 Juli 2021, meluncurkan program antikemiskinan terbesar AS dalam setengah abad terakhir