UNTUK INDONESIA
Cara Mencadangkan Data Ponsel Sebelum Reset Pabrik
Sebelum mereset atau mengembalikannya ke pengaturan awal pabrik sebaiknya mencadangkan data smartphone terlebih dulu.
Samsung Galaxy M30s yang dipamerkan di Jakarta Phinisi, Jakarta Utara, Rabu (23/10/2019). (Foto: Antara/Dea N Zhafira)

Jakarta - Biasanya smartphone kalau bermasalah atau eror, dan tidak mau ambil pusing, langkah yang kita tempuh melakukan factory reset (atur ulang setelan pabrik).

Akan tetapi, sebelum mereset atau mengembalikannya ke pengaturan awal pabrik sebaiknya mencadangkan data smartphone terlebih dulu.

Langkah mereset merupakan salah satu perawatan smartphone yang harus dilakukan untuk membersihkan isi ponsel selain ponsel bermasalah.

Banyak pengguna smartphone menyimpan beberapa foto, video, kontak, kalender, dan file penting lainnya yang disimpan secara lokal, dan itu biasanya membuat memori penuh. Namun, pengguna juga harus melakukan perawatan ponsel.

Cara memeriksa apakah seluruh data di ponsel kita telah dicadangkan dengan benar, sehingga kita dapat menghapusnya tanpa berpikir dua kali bahwa kita nanti akan kehilangan file penting. Demikian dikutip Android Police, Jumat, 8 November 2019.

1. Periksa Status Sinkronisasi Akun

Pertama, kita ingin memastikan bahwa akun Google disinkronkan dengan ponsel, semua yang harus dicadangkan. Buka aplikasi 'Pengaturan', ketuk opsi 'Akun', pilih akun Google, dan verifikasi bahwa semua aplikasi dan layanan di bawah akun telah disinkronkan baru-baru ini.

Jika beberapa layanan belum disinkronkan baru-baru ini, misalnya, jika Anda belum membuka salah satu aplikasi dalam waktu yang lama, ketuk tombol 'Sinkronkan Sekarang' di halaman. 

Bergantung pada versi Android kita, opsi 'Sync Now' mungkin berada di bawah menu.

2. Pastikan Cadangkan Foto 

Jika menggunakan Google Photo untuk membuat cadangan foto dan video yang kita ambil dengan ponsel.

Yang harus dilakukan adalah membuka aplikasi Foto dan mencari tanda centang cloud di bagian atas, yang menunjukkan semuanya telah dicadangkan.

Jika sebelumnya kita mematikan cadangan cloud di 'Foto', buka menu di samping, ketuk 'Pengaturan', dan pilih 'Cadangkan & Sinkronkan' untuk menghidupkan sinkronisasi.

Namun, ada juga banyak aplikasi cadangan foto lainnya untuk Android, termasuk OneDrive dan Dropbox, jika menggunakannya masuk ke pengaturan aplikasi dan periksa status sinkronisasi saat ini. 

Jika kita tidak suka menggunakan layanan cadangan foto, kita juga bisa menyalin semua gambar dan video ke flash drive atau komputer.

3. Cadangkan Foto/Video ke Flash Drive

Kalau punya flash drive dengan kapasitas besar, kita bisa menyalin seluruh folder kamera ponsel Anda ke flash drive. Cukup sambungkan flash drive ke ponsel, lalu gunakan aplikasi File di perangkat untuk menyalin folder misalnya DCIM di ponsel ke flash drive.

Setiap produsen ponsel memiliki manajer file yang berbeda, jadi jika kita tidak menemukannya, unduh Files by Google dari Play Store. Setelah kita membuka aplikasi, cukup buka tab Jelajah, lalu pilih penyimpanan internal, kemudian temukan folder DCIM di daftar dan tahan di sana sampai tanda centang muncul.

Setelah itu, ketuk tombol menu di kanan atas dan pilih Salin ke. Pilih flash drive dalam daftar. Setelah file tersalin, kita dapat mencabut flash drive, dan mencadangkan foto sesuai keinginan kita.

4. Cadangkan Foto ke PC

Pilihan yang lebih mudah adalah dengan menghubungkan ponsel ke komputer dan menyalin folder DCIM ponsel, karena yang Anda butuhkan hanyalah kabel USB.

5. Salin Kontak dan Kalender ke Cloud

Ketika kita membuat kontak atau acara kalender, ponsel kita mungkin memberikan opsi untuk menyimpan data di penyimpanan internal ponsel, bukan di cloud.

Meskipun itu adalah fitur yang bagus, terutama bagi yang sadar privasi, artinya kita mungkin telah menyimpan beberapa data penting secara lokal jika Anda tidak memperhatikannya.

Sebelum menghapus data ponsel, kita harus memeriksa untuk melihat apakah ada kontak atau acara kalender kita yang tidak dicadangkan ke cloud

Proses yang tepat untuk ini bervariasi berdasarkan model telepon, tapi dapat memulai dengan membuka aplikasi 'Kontak' dan mencari menu dengan semua akun kita.

Misalnya, aplikasi 'Kontak' pada ponsel Samsung terbaru menampilkan Telepon di samping akun Samsung dan Google. Opsi untuk memindahkan kontak 'Telepon' ke akun online muncul di menu atas.

Dimungkinkan juga untuk menyimpan sejumlah kecil kontak pada kartu SIM ponsel kita, tapi ini bukan praktik yang umum lagi, sehingga cukup sulit untuk melakukannya secara tidak sengaja.

Memeriksa acara kalender yang disimpan secara lokal sebagian besar merupakan proses yang sama: buka aplikasi Kalender dan cari kalender yang tidak ditautkan ke akun mana pun. Biasanya disebut 'Telepon' atau 'Kalender saya'.

Namun, sebagian besar aplikasi kalender seluler tidak memberikan cara mudah mengekspor kalender. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menginstal utilitas itu dari Play Store. Buka, pilih kalender ponsel, dan ketuk tombol Ekspor. Ini akan memberikan file kalender yang dapat Anda impor ke Google Calendar, Outlook, atau layanan cloud lainnya.

6. Hapus Akun Online dan Nonaktifkan Perlindungan Perangkat

Bila kita ingin menjual ponsel, atau memberikannya kepada orang lain, kita harus keluar (sign out) dari semua akun dan menghapus kata sandi layar kunci. 

Android memperkenalkan fitur yang disebut 'Perlindungan Perangkat' kembali pada 2015, yang mengharuskan kita untuk memasukkan kata sandi Google/Samsung/dan lainnya, akun yang digunakan pada perangkat, setelah dihapus.

Untuk menonaktifkan 'Perlindungan Perangkat', kita harus keluar dari semua akun online. 

Buka aplikasi 'Pengaturan' di ponsel, buka bagian Akun, dan ketuk 'Hapus akun' di bawah setiap akun. 

Setelah selesai melakukannya, nonaktifkan kata sandi layar kunci yang mungkin kita miliki. Ini dapat dilakukan dari bagian 'Keamanan Aplikasi Pengaturan'. []

Berita terkait
Fitur Keamanan Finger Print untuk Mengunci WhatsApp
WhatsApp (WA) tengah memberikan peningkatan fitur pada sektor keamanan karena semakin meningkatnya pengguna WA.
Bocoran Ponsel Lima Kamera Xiaomi Mi CC9 Pro
Produsen telepon seluler Xiaomi akan meluncurkan ponsel dengan sensor kamera 108 megapiksel, Mi CC9 Pro.
Ponsel Mi Note 10 Pro Xiaomi Lima Kamera Meluncur
Ponsel Mi Note 10 Pro Xiaomi Lima Kamera meluncur di Spanyol.
0
Pelaku Penyiraman Air Keras Terekam CCTV
Sebanyak enam pelajar SMP tersebut disiram oleh pelaku yang belum diketahui identitasnya itu dan apa motifnya.