TAGAR.id, Jakarta - Salah satu pekerjaan berat buat calon pengusaha adalah menentukan nama perusahaan, karena masalah nama menjadi hal yang penting. Nama perusahaan bertujuan untuk mengkomunikasikan visi, misi dan layanan yang Anda tawarkan.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika kita memilih nama untuk perusahaan baru, yaitu image dan fungsinya. Yang paling utama, Anda harus Fokus pada visi, misi dan diferensisasi perusahaan
Sebagai owner, tidak ada salahnya kita berdiskusi dengan calon konsumen untuk menentukan nama yang bagus buat perusahaan yang kita dirikan.
Jangan buat nama yang panjang dan membingungkan.
Jangan buat nama yang gaul tetapi sulit dimengerti.
Cek ketersediaan untuk nama tersebut (Dirjen Hak Kekayaan Intelektual) dan ketersediaan domain.
Idealnya pada saat kita memilih nama untuk perusahaan baru, kita harus melibatkan calon konsumen. Lakukan tes kepada calon konsumen mengenai calon nama perusahaan. Pastikan nama perusahaan Anda mudah diucapkan, mudah diingat dan mampu mengkomunikasikan perusahaan.
Ketika kita sudah memiliki beberapa calon nama perusahaan, sebaiknya kita mulai cek dan daftarkan ketersediannya di Dirjen Hak Kekayaan Intelektual. Anda dapat menghubungi konsultan merk untuk mengetahui ketersediaannya.
Cek juga ketersediaan domain. Domain adalah nama di internet, misal: www.NamaPerusahaanAnda.com. Anda dapat mengecek nama domain di perusahaan-perusahaan penyedia jasa hosting dan domain.
Pada intinya, memilih nama untuk perusahaan baru, bukanlah pekerjaan yang mudah. Banyak hal yang harus dipertimbangkan, agar nama perusahaan dapat mewakili serta mengkomunikasikan visi, misi dan layanan. []
Baca Juga
- Manfaat Teknologi Blockchain untuk Sektor Kesehatan
- Mesanovic: Block Insight Revolusi Blockchain Bosnia
- MotoGP Gandeng Perusahaan Teknologi Blockchain Asal Turki
- Industri Blockchain Dorong Pembentukan Bursa Kripto