Cara Ampuh Hilangkan Komedo, Bisa Pakai Madu

Komedo muncul karena adanya sel kulit mati dan produksi kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit.
Membersihkan komedo. (Foto: Tagar/pexels/cottonbro)

TAGAR.id, Jakarta - Bintik hitam dan putih yang sering muncul di sekitar tubuh, terutama pada wajah dan punggung atau sering disebut komedo menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian orang. 

Komedo muncul karena adanya sel kulit mati dan produksi kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit. Beberapa faktor seperti, stress, hormonal, makanan dan lingkungan bisa memperparah perkembangan komedo pada tubuh.

Untuk membersihkan komedo terutama pada wajah, banyak orang menggunakan plester pencabut komedo atau pore pack, memencet bagian yang ditumbuhi komedo bahkan membeli produk kosmetik. Tentunya hal tersebut memiliki beberapa resiko yang merugikan bagi kulit tubuh, seperti iritasi pada kulit.

Anda bisa menggunakan bahan alami untuk menghilang komedo, serta tentunya tidak memiliki efek samping dan harga yang dikeluarkan tidak membuat kantong menangis.


1. Putih Telur

Putih telur memiliki sifat mengencangkan kulit dan dapat membantu menghilangkan komedo. 

Untuk memanfaatkannya, Anda akan lebih baik mencampur putih telur dari 3 butir telur dengan 2 sendok makan air lemon. Oleskan masker untuk membersihkan kulit dari komedo dengan jari-jari Anda atau kuas yang bersih dan lembut.


2. Bubuk Kopi

Penggunaan bubuk kopi dan minyak kelapa bisa jadi cara menghilangkan komedo secara alami dan permanen. 

Gunakan masker bubuk kopi dengan langkah-langkah berikut: Campurkan setengah cangkir minyak kelapa dengan setengah cangkir bubuk kopi. Aduk rata dan segera aplikasikan ke wajah Anda. Pijat wajah secara perlahan dengan gerakan memutar di sekitar area wajah yang terdapat komedo. Biarkan selama lima menit. Kalau bisa bilas dengan air dingin.


3. Lidah Buaya

Kandungan aloin dan antioksidan dalam lidah buaya baik untuk membantu mengatasi masalah kulit, termasuk membersihkan komedo yang ada di wajah. Anda bisa mengambil gel dari daging lidah buaya, kemudian oleskan ke wajah. Tunggu hingga mengering, kemudian bilas.


4. Stroberi

Stroberi mengandung Alpha Hydroxy Acids (AHA) yang bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan mengontrol produksi minyak berlebih. Sementara, asam salisilat dalam stroberi diyakini berkhasiat untuk membersihkan pori-pori dan menghilangkan komedo.


5. Madu

Cara menghilangkan komedo hitam pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan memanfaatkan madu. Anda hanya perlu mengoleskan madu pada area kulit yang berkomedo. Setelah 15 menit, bersihkan dengan air hangat.[]


(Agung Bukit)

Baca Juga:

Berita terkait
Cara Menghilangkan Komedo dengan Bahan Alami
Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan komedo yang sulit dibersihkan. Berikut cara menghilangkan komedo dengan bahan alami.
Penanganan Komedo Timbul di Wajah, Awas Picu Jerawat
Komedo yang timbul di wajah membuat wanita bahkan laki-laki merasa risih. Jika penanganannya sembarangan, bisa tumbuh jerawat,
Mudah dan Murah, Lima Langkah Hilangkan Komedo
Komedo salah satu masalah yang menjadi keluhan banyak orang, begini cara menghilangkan dengan cara yang mudah dan murah.