5 Bahan Alami yang Sering Ditemui untuk Hilangkan Komedo

Komedo terjadi ketika penumpukan sel kulit mati, minyak, dan kotoran hingga menyumbat pori-pori kulit. Berikut bahan alami yang bisa digunakan.
Illustrasi - Orang yang sedang membersihkan komedo (Foto: Tagar/Unsplash)

Jakarta – Komedo terjadi ketika penumpukan sel kulit mati, minyak, dan kotoran hingga menyumbat pori-pori kulit. Komedo yang terinfeksi maka akan tumbuh menjadi jerawat. Komedo dibagi menjadi 2 jenis, yaitu komedo hitam (blackhead) dan komedo putih (whitehead).

Sering kali orang mengeluarkan komedo dengan cara memencetnya. Hal tersebut justru dapat merusak kulit dan menimbulkan jaringan parut. Untuk menghilangkan komedo lebih baik menggunakan masker atau exfoliasi menggunakan skincare ataupun bahan alami yang sering ditemui di dalam rumah. Berikut ada 5 bahan alami yang sering di temui di dalam rumah:


1. Madu dan Kayu Manis

Madu dan kayu manis dapat digunakan dengan menjadikannya masker yang mencampurkan 2 bahan tersebut dengan takaran 2 sendok makan madu dan 1 sendok teh kayu manis bubuk dan diaduk hingga menjadi seperti pasta.

Sebelum memakainya, bersihkan wajah terlebih dahulu dan oleskan, lalu diamkan selama 10-15 menit. Madu dan kayu manis berfungsi untuk mengurangi peradangan. Bahan tersebut mempunyai sifat antioksidan dan antibakteri yang baik untuk kulit berkomedo atau berjerawat.


2. Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya ini terkenal dengan berbagai manfaatnya, terutama untuk kesehatan kulit dan juga rambut. Selain itu, manfaat dari lidah buaya juga baik untuk menghilangkan komedo dan jerawat karena adanya kandungan asam salisilat dan sulfur di dalamnya.

Cara menggunakan lidah buaya juga mudah. Pertama, potong lidah buaya dan lepaskan kulitnya. Setelah itu, oleskan daging yang terdapat di dalamnya pada permukaan kulit wajah. 

Lidah buaya juga dapat menjadi pelembab kulit alami. Tetapi, jika terjadi kulit yang ruam dan rasa gatal, segera hentikan pemakaian dan bilas dengan air bersih setelah menggunakan lidah buaya.


3. Kulit Jeruk

Seperti diketahui buah jeruk memiliki kandungan vitamin C, terlebih degan kulitnya. Vitamin C yang terdapat pada kulit jeruk sangat penting untuk perbaikan jaringan kulit. Jadi, kulit jeruk cocok untuk menghilangkan komedo di wajah.

Cara memakainya adalah pertama kalian harus menggiling kulit jeruk dan mencampurkannya dengan air hingga membentuk pasta. Lalu, gosokkan ke kulit dan tunggu hingga 10 menit baru dibilas dengan air bersih.


4. Baking soda

Baking soda juga dapat dijadikan masker wajah yang bisa membantu menghilangkan kotoran yang ada di dalam pori-pori wajah. Pertama, kalian harus mencampurkan baking soda dengan sedikit air hingga seperti pasta. 

Lalu, oleskan masker tersebut ke area wajah yang berkomedo dan gosok lembut. Terakhir, bilas dengan menggunakan air hangat hingga bersih. Tetapi, dalam pemakaian baking soda harus berhati-hati karena dapat menyebabkan kulit kering.


5. Teh Hijau

Teh hijau telah dibuktikan dapat mengurangi komedo secara signifikan, karena kaya akan antioksidan yang dapat mengurangi peradangan dan juga zat antibakteri. 

Cara pemakaiannya cukup menyeduhkan teh hijau dengan air hangat selama 3-4 menit, lalu diamkan hingga dingin. Setelah itu, semprotkan teh atau oleskan menggunakan kapas. Diamkan hingga kering lalu bilas dengan air dan keringkan.

Walaupun begitu, penggunaan bahan alami dalam menghilangkan komedo, masih belum terbukti ilmiah dengan jelas. Apabila komedo cukup mengganggu lebih baik berkonsultasi dengan dokter kulit.

(Syva Tri Ananda)

Berita terkait
7 Kesalahan Ini Dapat Memperbesar Pori-Pori Kulit Wajah
Kita bisa mengatur kebiasaan sehari-hari yang menyumbat pori-pori dan menimbulkan komedo.
Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Merah Di Kulit Wajah
Memang jerawat cepat hilang tetapi bekas jerawat akan terus berada di kulit lebih lama dibanding jerawat itu sendiri.
Tips Cantik yang Masih Dipercaya, Bahaya bagi Kulit Wajah
Memiliki kulit cantik pasti sangat diidam-idamkan oleh kaum hawa. Tak heran, berbagai tips kecantikan bisa dengan mudah didapatkan di internet.
0
5 Bahan Alami yang Sering Ditemui untuk Hilangkan Komedo
Komedo terjadi ketika penumpukan sel kulit mati, minyak, dan kotoran hingga menyumbat pori-pori kulit. Berikut bahan alami yang bisa digunakan.