UNTUK INDONESIA
Cara Aman Gunakan ATM Tanpa Kena Virus Corona
Penggunaan Anjungan Tunai Mandiri atau ATM berisiko terkena virus Corona atau Covid-19, untuk itu harus lebih waspada.
Cara Aman Gunakan ATM untuk Cegah Kena Corona. (Foto: pixabay)

Jakarta - Penggunaan Anjungan Tunai Mandiri atau ATM selama pandemi virus Corona atau Covid-19 perlu diperhatikan dan lebih berhati-hati. Pasalnya, virus Corona bisa menempel di permukaan apa saja, tak terkecuali mesin untuk mengambil uang tunai tersebut.

Berikut Tagar bagikan tips aman menggunakan ATM seperti dikutip dari laman Live Mint dan Financial Express.

1. Cari ATM di Tempat Terbuka

Biasanya kantor bank, gerai di pusat perbelanjaan, di pinggir jalan atau bilik-bilik resmi ATM selalu menjadi spot yang dituju. Dianjurkan mencari tempat terbuka karena virus yang berada di tempat tertutup dan ber-AC berisiko menularkan ke banyak orang.

Nah, ruangan terbuka terbilang aman, karena menciptakan sirkulasi udara dan kemungkinan virus menyerang menjadi lebih rendah.

2. Gunakan Sarung Tangan dan Masker

Sarung tangan dan masker bisa menjadi solusi saat bepergian keluar rumah khususnya ke ATM.

Masker berguna untuk melindungi diri agar terhindar dari virus yang mungkin sudah menempel maupun dibawa orang-orang yang sedang mengantre.

Sementara sarung tangan untuk menjaga diri dari layar dan tombol ATM yang digunakan banyak orang.

3. Hindari Menyentuh Bagian Wajah Saat Transaksi

Melindungi area tubuh khususnya wajah, seperti mulut, hidung, dan mata menjadi hal yang paling penting. Pasalnya, ketiga organ tersebut menjadi pintu masuk virus Corona.

Dianjurkan untuk tidak menyentuh area tersebut selama transaksi melalui ATM sebagai upaya pencegahan penyebaran virus Corona atau Covid-19.

Karena seseorang tidak pernah tahu apakah alat tersebut bersih dari mikroorganisme.

4. Lebih Baik Transaksi Online

Saat pandemi virus Corona, sebaiknya melakukan transaksi online bagi yang memiliki mobile banking atau internet banking daripada pergi ke ATM.

Meskipun gawai atau komputer yang digunakan transaksi juga bisa menularkan penyakit, namun risikonya lebih rendah. Pasalnya, bisa lebih dikontrol karena pemakaian personal.

Sebagai upaya perlindungan, disarankan untuk membersihkan perangkat pribadi dengan alkohol.

Berita terkait
Lima Kelemahan Virus Corona yang Perlu Diketahui
Virus Corona yang sedang mewabah di sejumlah negara, ternyata memiliki kelemahan. Berikut lima kelamahan virus Corona yang patut diketahui.
Lima Perabot Rumah Rentan Kena Virus Corona
Pandemi virus Corona ini masyarakat harus mulai memperhatikan kebersihan ruangan dan perabot rumah.
Efek Samping Kena Cairan Disinfektan Langsung
Penyemprotan disinfektan salah satu cara yang digunakan untuk mencegah penyebaran virus Corona. Namun, ada beberapa efek samping yang diberikan.
0
Pemkot Tangerang Perpanjang Masa PSBB Sampai Mei
Masa penerapan PSBB di Kota Tangerang di perpanjang hingga Mei 2020, mencegah penyebaran virus dan tingkat kerumunan warga.