UNTUK INDONESIA
Canggih! Huawei Buat Aplikasi untuk Mengendalikan Mobil
Ada sejumlah fungsi yang dapat diatur dalam fitur Huawei HiCar tersebut, termasuk mengecek kondisi mobil secara realtime.
Perkenalan aplikasi Huawei HiCar pada Agustus 2019 lalu. (Foto: gizchina.com)

Jakarta - Perusahaan telekomunikasi asal China, Huawei belum lama ini meluncurkan aplikasi yang dapat membantu penggunanya mengendalikan mobil.

Dilansir dari Huawei Central, aplikasi tersebut disematkan dalam sistem operasi (operating system/OS) terbaru mereka, EMUI 10. yang dirilis sejak Sabtu, 5 Oktober 2019 lalu. 

Huawei HiCar dapat merekam data pengemudi, termasuk mengukur tingkat kelelahan pengemudi.

Ada sejumlah fungsi yang dapat diatur melalui sistem Huawei HiCar tersebut, yaitu musik, navigasi, jam, AC, dan informasi mendetail mengenai mobil. Huawei mengklaim HiCar dapat mengontrol kamera mobil untuk merekam hal-hal yang terjadi sepanjang jalan. Bahkan, Huawei HiCar mampu mendeteksi keadaan mobil secara real time.

Selain mencatat mengenai informasi mobil dan perangkat di dalamnya, Huawei HiCar dapat merekam data pengemudi, termasuk mengukur tingkat kelelahan pengemudi.

Fitur HiCar tersebut dapat diaplikasikan ke lebih 120 model mobil beragam merk yang dijual di pasar domestik China. Fitur tersebut juga terhubung ke 30 bengkel mobil yang tersebar di kota-kota besar di China. Huawei berencana akan mengembangkan fitur tersebut di masa yang akan datang.

Sebelumnya, fitur ini sudah diperkenalkan ke publik China pada Agustus 2019 lalu.

Selain Huawei HiCar, ada beberapa fitur terbaru yang ditawarkan EMUI 10, seperti ubahan tampilan layar yang lebih informatif, peningkatan sistem keamanan perangkat Huawei, peningkatan sistem transfer data, dan implementasi sistem multi-screen. 

EMUI 10 saat ini telah dapat diunduh oleh seluruh pengguna smartphone Huawei. Namun, saat ini fitur HiCar masih dapat digunakan di perangkat terbaru mereka, Huawei Mate30 dan Mate30 Plus. []

Berita terkait
Ponsel Huawei Mate 30 Tidak Dipasangi Android
Ponsel terbaru dari Huawei, Mate 30 tidak memiliki akses lagi untuk dipasangi aplikasi Android meski pun secara manual.
Huawei Persiapkan Generasi 6G
Huawei kini sudah mempersiapkan jaringan 6G. Namun, nyaris gagal, kala pihak Huawei tidak menggunakan teknologi buatan Amerika Serikat.
Harga dan Spesifikasi Lengkap Huawei Mate 30 Pro
Huawei telah resmi merilis produk terbarunya Huawei Mate 30 Pro pada Kamis, 19 September 2019, di Munich, Jerman.
0
Pengamat Sebut Gerindra Bisa Jadi Koalisi-Kritis
Apabila Gerindra bergabung ke pemerintahan Jokowi, partai tersebut bisa berperan menjadi koalisi-kritis.