UNTUK INDONESIA
Bupati Paluta: Isolasi Pasien Gejala Pneumonia
Bupati Padang Lawas Utara memerintahkan petugas kesehatan memantau lebih ketat dan melakukan isolasi pasien dengan gejala pneumonia.
Bupati Padang Lawas Utara, Andar Amin Harahap memerintahkan petugas kesehatan untuk mengisolasi pasien gejala Pneumonia. (Foto: Tagar/Andi Nasution).

Padang Lawas Utara - Bupati Padang Lawas Utara (Paluta), Andar Amin Harahap memerintahkan petugas kesehatan di lingkungan Pemkab Padang Lawas Utara, Sumatera Utara, untuk memantau lebih ketat dan melakukan isolasi pasien dengan gejala pneumonia.

Hal itu dilakukan sebagai langkah antisipasi masuknya virus corona ke wilayah Kabupaten Padang Lawas Utara, menyusul merebaknya virus ini di China.

"Sebagai langkah antisipasi, saya sudah perintahkan agar seluruh petugas kesehatan memantau lebih ketat dan melakukan isolasi pasien dengan gejala pneumonia, dan ada riwayat perjalanan dari negara terjangkit virus corona dalam 14 hari sebelum munculnya gejala," ujar Andar, Rabu 29 Januari 2020.

Selain itu, lanjut dia, petugas kesehatan harus senantiasa melakukan pengamatan terhadap peningkatan kasus pneumonia yang terjadi di wilayah puskesmas.

Warga Padang Lawas Utara yang berada di Tiongkok yang merupakan negara terjangkit virus corona, agar segera kembali

"Petugas kesehatan kita juga tengah giat memberikan komunikasi, informasi dan edukasi kepada masyarakat tentang pneumonia dan cara mencegah penularannya dengan cuci tangan pakai sabun dan etika batuk atau bersin," kata mantan Wali Kota Padangsidempuan ini.

Andar mengatakan, bila ada menemui atau mengalami gejala demam, batuk sesak dan gangguan pernapasan serta memiliki riwayat perjalanan dari negara terjangkit virus corona, sebaiknya segera dilaporkan ke tim medis atau petugas kesehatan terdekat.

"Apabila ditemui orang yang melakukan perjalanan dengan suhu 38 derajat celsius disertai batuk, sesak dan gejala pneumonia berat lainnya, maka dilakukan tata laksana penanganan pneumonia dan segera merujuk ke rumah sakit sesuai dengan ketentuan. Yang utama, segera laporkan kasus suspek pneumonia berat yang memiliki riwayat perjalanan dari negara terjangkit corona, yang ditemukan ke Dinas Kesehatan," terangnya.

Menurut Andar, sampai saat ini khusus untuk wilayah Kabupaten Padang Lawas Utara, belum ada ditemui atau laporan merebaknya virus mematikan corona.

"Tentu kita tidak menginginkan itu terjadi. Bila ada warga Padang Lawas Utara yang berada di Tiongkok yang merupakan negara terjangkit virus corona, agar segera kembali dan terlebih dahulu melakukan pemeriksaan kesehatan," tutur bupati. []

Berita terkait
Penjelasan Dokter Soal Virus Corona dari Kelelawar
Virus corona dari kelelawar dapat menulari manusia ketika mengalami perubahan sifat (mutasi) melalui proses penularan yang disebut sonusi.
Viral Pasien Corona di Malang, Dokter: Hanya ISPA
Sebelumnya tersebar sebuah video di media sosial tentang adanya pasien diduga terjangkit virus corona dan dirawat di RSSA Malang.
Apple Batasin Pergi ke China Gara-gara Virus Corona
Gara-gara wabah virus corona membuat CEO Apple, Tim Cook membatasi perjalanan karyawannya ke China. Apple juga telah menutup satu toko di China.
0
Gojek Resmi Beli Saham Taksi Blue Bird
Gojek melalui PT Aplikasi Karya Anak Bangsa resmi membeli saham PT Blue Bird Tbk senilai Rp 411 miliar, pada Kamis, 13 Februari 2020.