UNTUK INDONESIA
BPS Apresiasi Pemkab Gowa Sukseskan Sensus Penduduk
BPS mencatat capaian Pemkab Gowa dalam sensus penduduk online melampai target nasional yakni sebesar 18,12 persen.
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan menerima penghargaan sensus penduduk online 2020 dari BPS. (Foto: Tagar/Afrilian Cahya Putri)

Gowa - Pemerintah Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan berhasil meraih penghargaan dari Badan Pusat Statistik (BPS) nasional atas prestasi response rate melebihi target dalam pelaksanaan Sensus Penduduk Online dilaksanakan pada 15 Februari hingga 29 Mei 2020 lalu.

Di mana capaian sensus penduduk online Kabupaten Gowa berhasil melampaui target nasional yaitu 18,12 persen. Capaian Kabupaten Gowa 1,46 persen di atas dari target nasional yaitu 16,66 persen.

Sekitar 18 persen dari total penduduk ikut sensus penduduk secara online.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Gowa, Usman melaporkan hal tersebut saat menghadiri Rapat Koordinasi pelaksanaan Sensus Penduduk tingkat Provinsi Sulawesi Selatan yang dilaksanakan secara virtual di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa, Senin, 31 Agustus 2020.

"Sekitar 18 persen dari total penduduk ikut sensus penduduk secara online. Di mana jumlah penduduk Kabupaten Gowa yang ikut sebanyak 142.167 orang ikut berpartisipasi dalam Sensus Penduduk Online," kata Usman.

Selain itu penghargaan diberikan kepada Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan atas dukungan dalam melampaui target pelaksanaan sensus online di Kabupaten Gowa. Kedua penghargaan tersebut diserahkan oleh Kepala BPS Kabupaten Gowa.

"Sensus online yang dilaksanakan beberapa waktu lalu, kebanyakan masyarakat perkotaan yaitu Somba Opu dan Pallagga karena berkait dengan jaringan," tuturnya.

Usman melanjutkan bahwa sensus penduduk secara offline akan dilaksanakan pada 1 September besok. Dilaksanakan satu bulan ke depan untuk mendata masyarakat yang belum melakukan sensus penduduk secara online.

"Jumlah petugas yang kami turun 561 orang mitra. Mereka juga kami lengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD) seperti masker, hand sanitizer, face shield dan mereka juga sudah di rapid test," kata dia.

Ia berharap dukungan Pemerintah Kabupaten Gowa bersama jajaran hingga tingkat RT dan RW selama pelaksanaan sensus penduduk secara offline ini.

"Kita berharap kerjasama semua pihak, termasuk pemerintah di semua tingkatan agar sensus offline ini berjalan dengan lancar," ucapnya. []

Berita terkait
Lampaui Target, Bantaeng Sukses Sensus Online 2020
Berdasarkan data BPS Bantaeng, setidaknya program sensus penduduk online 2020 sudah mencapai 100,07 persen.
Hari Terakhir Sensus Penduduk Online, Begini Caranya
Sensus Penduduk Online (SPO) 2020 digelar sejak 15 Februari 2020 hingga 31 Maret 2020, melalui situs sensus.bps.go.id.
Bupati Gowa Kirim Dua Nama Calon Pejabat Sekda
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan sudah mengusulkan dua nama ke Pemprov Sulsel, untuk mengisi jabatan Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa.
0
Masalah Dana JKN Masih Menjadi Sorotan KPK
Jaminan sosial kesehatan perlu dilakukan pembangunan budaya anti fraud dan komitmen dari pimpinan serta institusi terkait.