UNTUK INDONESIA
BPBD: Tiga Wilayah di Jakarta Masih Tergenang
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyebutkan hingga pukul 13.00 WIB wilayah ibu kota masih tergenang air.
Jalan yang tergenang pascahujan lebat di Jalan Cikini Raya,Sabtu 18 Januari 2020. (foto: Antara/HO-Twitter @TMCPoldaMetro).

Jakarta - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyebutkan hingga pukul 13.00 WIB, tiga dari 17 wilayah (titik) genangan di Provinsi DKI Jakarta, airnya belum surut akibat curah hujan yang tinggi mengguyur ibu kota sejak Sabtu dini hari, 18 Januari 2020. 

Berdasarkan data dari Pusat dan Informasi BPBD DKI di Jakarta, disebutkan ketiga wilayah tersebut seluruhnya berada di wilayah kota Jakarta Selatan, tepatnya di Kecamatan Kebayoran Lama Utara, Kecamatan Setiabudi, dan Kecamatan Semanggi. 

Tiga wilayah yang tergenang, pertama Jalan Kyai Mohammad Syafii Hadzami dengan ketinggian air 5-15 sentimeter (cm) yang tergenang sejak pukul 05.30 WIB. 

Selanjutnya wilayah kedua, berada di Jalan Gatot Subroto yang tergenang air dengan ketinggian 10-20 cm sejak pukul 06.00 WIB.

Terakhir, Jalan Jenderal Sudirman yang juga mulai tergenang pada pukul 06.00 WIB dengan ketinggian 10-20 cm.

Pihak Pemprov sudah dengan cepat menangani genangan di sini, sehingga genangan air cepat teratasi dan tidak lagi terjadi genangan.

Untuk diketahui, Jakarta Selatan merupakan kawasan yang memiliki wilayah genangan terbanyak akibat hujan yang dimulai sejak Sabtu dini hari tadi dengan delapan wilayah genangan.

Meski demikian, kelima wilayah lainnya di Jakarta Selatan sudah tidak tergenang seperti Jalan Prof Dr Satrio, Jalan Pandan, Jalan Rambai, Jalan Kebayoran Lama dan Jalan Kemandoran Pluis. 

Untuk 9 wilayah lainnya di Jakarta Pusat, Jakarta Barat,dan Jakarta Timur yang sebelumnya tergenang air di antara pukul 05.30 WIB-08.00 WIB saat ini seluruhnya sudah surut.

Contohnya seperti di Jalan Cikini Raya, Jakarta Pusat pada pukul 09.00 WIB sudah surut. 

"Pihak Pemprov sudah dengan cepat menangani genangan di sini, sehingga genangan air cepat teratasi dan tidak lagi terjadi genangan," kata Kepala Pleton Damkar Cikini Nurulsianto, di Jakarta, Sabtu 18 Januari 2020, dilansir Antara. []

Berita terkait
Cara Mendapat Bantuan Korban Banjir Jakarta 50 Juta
Warga Jakarta kebanjiran yang rumahnya rusak, akan dapat bantuan dari pemerintah, Rp 10 juta, Rp 25 juta, Rp 50 juta. Berikut cara mendapatkannya.
DPRD DKI: Banjir Jakarta Gugah Hati Anies Baswedan
Ketua Komisi D DPRD DKI Ida Mahmudah bersyukur musibah banjir kemarin menggugah hati Gubernur Anies Baswedan untuk pembebasan lahan Ciliwung.
Masalah Banjir, DPRD DKI Jakarta Pilih Bikin Pansus
Pengamat tata kota dari Universitas Trisakti Nirwono Joga menyinggung wacana pembentukan Pansus Banjir DPRD DKI Jakarta.
0
Puput Makin Akrab dengan Ibunda Ahok
Puput Nastiti Devi menjadi makin akrab dengan mertuanya, Buniarti Ningsih.