UNTUK INDONESIA
Bom Latihan TNI Nyasar ke Pemukiman Warga di Takalar
Enam buah bom pesawat latihan jenis Sukhoi Lanud Hasanuddin nyasar ke pemukiman warga di Kabupaten Takalar.
Bom pesawat latihan jenis Sukhoi Lanud Hasanuddin Makassar, nyasar ke pemukiman warga di Kabupaten Takalar. (Foto: Tagar/Ist)

Takalar - Enam buah bom pesawat latihan jenis Sukhoi Lanud Hasanuddin nyasar ke pemukiman warga di Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan. Tepatnya di Dusun Pandang-pandang, Desa Panynyangkalang. Akibatnya warga panik dan berhamburan keluar rumah, Rabu 16 September 2020.

Bermula sekitar pukul 10.35 Wita terjadi ledakan yang sangat luar biasa di sekitar pemukiman warga. Setelah ditelusuri sumber ledakan itu berasal dari bom yang berkisar kurang lebih dua meter yang diduga hasil latihan Lanud Hasanuddin.

Satu tadi warga kena percikan tanahnya namanya Edi Daeng Nai sudah ditangani langsung tadi sama TNI dikasih obat.

"Semua orang kaget dan berhamburan keluar rumah. Karena ledakannya sangat besar," kata Laming salah satu warga di Takalar.

Salah satu warga terkena percikan tanah ledakan bom, namun langsung ditangani TNI. Jarak antara rumah dan titik jatuhnya bom berkisar 20 meter.

"Satu tadi warga kena percikan tanahnya namanya Edi Daeng Nai sudah ditangani langsung tadi sama TNI dikasih obat. Kurang lebih 20 meter jatuhnya bom dari rumah," ujar Laming.

Kepala Desa Panyangkalang, Ahmad yang dikonfirmasi membenarkan hal tersebut. Menurutnya latihan menembak Lanud Hasanuddin memang seringkali dilakukan di Panynyangkalang.

"Benar sekitar pukul 10.35 Wita wilayah kami diduga peluru atau proyektil sebagai alat latihan dari pada TNI AU diduga nyasar di perkampungan warga," kata Ahmad.

Dikatakan pula, pada 9 September 2020 memang pihaknya mendapatkan surat tembusan yang ditujukan Bupati Takalar dari Komando Operasi TNI AU perihal tentang akan diadakannya latihan dengan menggunakan pesawat Sukhoi.

Diketahui, jarak dari tempat Latihan TNI AU Lanud Hasanuddin dari perkampungan warga mencapai sampai satu kilometer panjangnya. Kata Kepala Desa memang agak melenceng dari titik sasaran.

"Mengenai terkait dugaan proyektil yang nyasar tersebut, kami telah mengecek langsung ke TKP. Memang agak melenceng dari titik sasaran dari pada tempat latihan tersebut. Sejauh ini kami belum komunikasi dengan TNI AU," tuturnya.

Sejauh ini juga, pihak Lanud Hasanuddin Makassar belum bisa memberikan keterangan resmi terkait bom pesawat Sukhoi yang jatuh dekat pemukiman warga saat melakukan latihan. []

Berita terkait
Penyebab Pupuk Bersubsidi Habis di Takalar
Pupuk bersubsidi jenis Urea di Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan habis. Ini penyebabnya.
Polisi Tangkap Pencuri Bunga Jutaan Rupiah di Takalar
Seorang petugas keamanan salah satu perusahaan BUMN di Takalar ditangkap polisi karena mencuri bunga mahal milik warga.
Polisi Gadungan di Takalar Tipu Korban Rp 100 Juta
Seorang pria di Takalar ditangkap polisi karena mengaku sebagai anggota polisi dan menipu warga sebesar Rp 100 juta, begini modusnya.
0
Bom Latihan TNI Nyasar ke Pemukiman Warga di Takalar
Enam buah bom pesawat latihan jenis Sukhoi Lanud Hasanuddin nyasar ke pemukiman warga di Kabupaten Takalar.