Bobby Nasution Temui Nek Salmiyah yang Hidup Sebatang Kara

Bobby Nasution diajak warga setempat untuk melihat kondisi Nek Salmiyah. Suami dan anaknya telah lebih dulu kembali ke pangkuan Ilahi.
Bobby Nasution saat ke Jalan Starban, Gang Family, Medan Polonia pada Rabu, 4November 2020 malam, terharu melihat keberadaan Salmiyah, 72 tahun, yang hidup sebatang kara. (Foto: Tagar/Ist)

Medan - Saat blusukan ke Jalan Starban, Gang Family, Medan Polonia pada Rabu, 4 November 2020 malam, Bobby Nasution terharu melihat keberadaan Salmiyah, 72 tahun, yang hidup sebatang kara.

Bobby diajak warga setempat untuk melihat kondisi Nek Salmiyah. Suami dan anaknya telah lebih dulu kembali ke pangkuan Ilahi. Lebih miris, keperluan sehari-hari Nek Salmiyah kini acap kali dipenuhi tetangga yang peduli.

Rumah Nek Salmiyah pun sudah mulai reot terpapas usia. Atapnya bocor di sana-sini. Tidak ada PAM, Nek Salmiyah minum beli dari penjual air galon. Ada sumur, tapi Nek Salmiyah tak lagi mampu menimba.

"Di sini tak masuk PAM, katanya tak memadai," kata Azmi warga setempat.

Hidup dalam kekurangan, faktanya Nek Salmiyah tak dapat bantuan apapun dari pemerintah kota.

Kesaksian warga dan Nek Salmiyah sendiri, beberapa kali kepling datang mendata dan meminta berkas-berkas. Katanya mau dibantu, namun hingga kini bantuan dimaksud tak kunjung datang.

"Tetangga-tetangga saya saja yang sering kasih beras. Mereka peduli mau bantu saya. Yang lain gak ada," kata Nek Salmiyah yang murah senyum walau dia keluhkan sakit di pinggang dan kakinya akibat usia senja.

Program lansia memastikan para orang tua lanjut usia di Medan akan jadi perhatian pemerintah

Nek Salmiyah tak lagi sempurna saat berdiri. Tubuhnya telah membungkuk. Jika lapar mendera, kadang kala Nek Salmiyah memasak untuk dirinya yang sendirian.

Satu mug beras yang telah ditanak menjadi nasi kadang kala tak habis dimakannya. Tak ada kompor gas. Nek Salmiyah masak masih pakai kompor minyak.

"Saya takut pakai gas, gak ngerti," kata Nek Salmiyah yang pandai ngomong Jawa padahal dia lahir sebagai orang Tamil.

Dengan saksama Bobby mendengarkan saja setiap kata yang keluar dari mulut Nek Salmiyah. Ada mimik haru yang tertahan terpantul dari wajah Bobby. Sesekali warga menimpali beri informasi soal Nek Salmiyah ini.

Mendapati banyak kondisi lansia seolah tak terurusi pemerintah, Bobby teringat program yang dicanangkannya. Bahwa para lansia di Kota Medan akan mendapatkan perhatian.

Toh mereka juga warga Kota Medan. "Program lansia memastikan para orang tua lanjut usia di Medan akan jadi perhatian pemerintah. Kehidupan mereka akan dibantu. Bahkan urusan gizi lansia pun akan diperhatikan," kata Bobby.

Terkhusus Nek Salmiyah, Bobby telah perintahkan timnya untuk membantu. Apa saja kebutuhannya akan dipenuhi. Termasuk membantu membuatkan BPJS Kesehatan Nek Salmiyah yang memang belum ada. []

Berita terkait
Para Ulama Kota Medan Insyaallah Bersama Bobby Nasution
Bobby Nasution bersilaturahmi, bertatap muka dan berdialog dengan para asatiz se-Kota Medan.
100 Meter dari Kantor Lurah, Bobby Temukan Hunian Tanpa Atap
Blusukan ke Medan Sunggal, Bobby Nasution menemukan sebuah rumah warga separuh rubuh, tanpa atap.
Bobby Nasution Jenguk Warga Kota Medan Penderita Parkinson
Sosok yang disapa Bobby Nasution tersebut, kini hanya mampu tertidur di ranjangnya. Padahal, dulu dia tulang punggung keluarga.
0
Tips Mencegah Keriput Pada Usia Muda
Semakin cepat mencegah keriput pada kulit wajah semakin baik hasil yang Anda dapatkan sebab keriput yang dibiarkan membuat tampilan tampak tua.