BNN: Perang Melawan Narkoba Menuju Indonesia Bersinar

BNN melakukan upaya rehabilitasi bagi para pecandu dan penyalahguna narkotika. Kemudian fokus pada aspek penegakan hukum yang tegas dan terukur.
Kepala BNN RI Dr. Petrus Reinhard Golose melaksanaka pemusnahan narkotika dalam rangka perintatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2021. (Foto: Tagar/BNN)

Jakarta - Perang Melawan Narkoba di Era Pandemi Covid 19 Menuju Indonesia Bersih Narkoba (Bersinar) menjadi tema nasional yang diusung Badan Narkotika Nasional (BNN) Republik Indonesia dalam rangka memperingati Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2021.

Kepala BNN Republik Indonesia Komjen Petrus Reinhard Golose mengatakan, sebagai bentuk sinergisitas dengan menitikberatkan prekursor narkotika Program Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) tahun 2020-2024, pihaknya telah melakukan beberapa langkah strategis.

"Langkah strategis yang dilakukan Badan Narkotika Nasional dalam upaya perang melawan narkotika yaitu melalui strategi soft power approach berupa aktivitas pencegahan agar masyarakat memilki ketahanan diri dan daya tangkal terhadap penyalahgunaan narkotika," kata Petrus Golose, Selasa, 29 Juni 2021.

Dia menjelaskan, BNN melakukan upaya rehabilitasi bagi para pecandu dan penyalahguna narkotika. Kemudian BNN memfokuskan pada aspek penegakan hukum yang tegas dan terukur dalam menangani sindikat narkotika serta penggunaan teknologi informasi di era digital dalam upaya penanggulangan narkotika.

"BNN telah melaksanakan tugas, (seperti) program Desa Bersinar di 553 desa/kelurahan, program alternatif development 14 desa di Aceh dan 128 desa kawasan rawan Narkoba," katanya.

Lebih lanjut dikatakannya, BNN juga meningkatkan aksebilitas layanan rehabilitasi mulai intervensi berbasis masyarakat di 34 provinsi dan 173 kabupaten/kota.

"Mengungkap 107 jaringan sindikat berskala nasional dan internasional dari 126 jaringan yang berhasil dipetakan," ujarnya.

Kemudian BNN juga menyita barang bukti 3,52 ton sabu, 5,91 ton ganja, 87,5 hektare ladang ganja, dan 515,509 butir ekstansi yang banyak diselundupkan melalui jalur laut.

"Bapak Wapres yang kami muliakan, kami menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi tingginya kepada semua pihak yang telah bekerja sama dan bersinergi dengan BNN," ujarnya.

Sebagai program berkesinambungan, Petrus memohon kepada Wapres Ma'ruf Amin untuk mencanangkan Gerakan Desa Bersinar menuju Indonesia Bersinar, Indonesia bersih narkoba.

"Demikian laporan dalam rangka HANI 2021. Ini disampaikan semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu melindungi langkah dan pengabdian kita," katanya.

Baca Juga: Pengumuman Juara Festival Film Pendek BNN 2021

Berita terkait
HANI 2021: BNN Gelar Lomba Festival FIlm Pendek
Untuk meramaikan helatan itu, panitia Festival Film Pendek, BNN melakukan sosialisasi di BNN Provinsi dan BNN Kota.
Penjurian Grand Final Festival Film Pendek BNN 2021
Ketua Panitia FFB 2021 Hanny Andhika, SIK, SH, MH menjelaskan bahwa pada penjurian Grand Final ini melibatkan sineas perfilman senior
Formulir Pendaftaran Festival Film Pendek BNN RI 2021
BNN menyelenggarakan Festival Film Pendek BNN RI 2021 yang bertujuan untuk menggelorakan semangat "War On Drugs" di seluruh Indonesia.
0
Film Sadatona Produksi BNNP Sumut Raih Juara 3
Nayla bertekad menyelamatkan adiknya dan mengedukasi generasi bangsa tentang bahaya narkoba.