BMKG: Waspadai Cuaca Buruk di Beberapa Wilayah Indonesia

Masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi diharapkan waspada.
Ilustrasi cuaca buruk. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Sejumlah daerah di Indonesia diperkirakan akan turun hujan lebat dan disertai kilat/petir serta angin kencang berdasarkan informasi yang dikutip dari situs resmi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) di Jakarta, Senin, 27 September 2021.

BMKG menyebutkan beberapa kawasan di Indonesia yang berpotensi terjadinya angin kencang dan hujan lebat di antaranya di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, dan Jambi.

Cuaca serupa juga diprakirakan terjadi di Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, dan Papua.

Hujan yang disertai kilat/petir dan angin kencang juga berpotensi melanda Kepulauan Riau, DKI Jakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku, dan Papua Barat.

BMKG juga mengeluarkan peringatan gelombang tinggi 2,5-4 meter di Perairan Barat Aceh, Perairan Barat Pulau Simeulue hingga Kepulauan Mentawai, Perairan Barat Lampung.

Dikemukakan BMKG, peringatan tersebut juga berlaku untuk area Samudera Hindia Barat Sumatera, Selat Sunda Bagian Barat dan Selatan, Perairan Selatan Banten hingga Lombok, Samudra Hindia Selatan Banten hingga Nusa Tenggara Barat.

Di samping itu bidang pelayaran dan masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi diharapkan mewaspadai peringatan tersebut. []

Berita terkait
Prakiraan Cuaca Jakarta, Senin 27 September 2021
BMKG menyampaikan peringatan dini waspada potensi hujan yang disertai kilat petir dan angin kencang di Jakbar, Jaksel dan Jaktim pada sore hari.
Tanda-Tanda Cuaca Ekstrem Mulai Dirasakan di Jabodetabek
Dalam sepekan ke depan, hampir sebagian wilayah Indonesia berpotensi diguyur hujan lebat yang dapat disertai kilat, petir, dan angin kencang.
BMKG : Waspadai Cuaca Ekstrim di Masa Pancaroba
Curah hujan dapat menjadi salah satu pemicu bencana hidrometeorologi basah, seperti banjir bandang dan tanah longsor.
0
BMKG: Waspadai Cuaca Buruk di Beberapa Wilayah Indonesia
Masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi diharapkan waspada.