Biodata, Pendidikan dan Karir Rektor ITK Budi Santoso Purwokartiko yang Disinggung soal Status SARA

Berikut profil Prof Budi Santoso Purwokartiko.
Rektor Institut Teknologi Kalimantan (ITK) Profesor Budi Santosa Purwokartiko. (Foto: Tagar/itk.ac.id)

TAGAR.id, Jakarta - Publik kembali dihebohkan dengan pernyataan-pernyataan kontroversial yang viral di media sosial.

Rektor Institut Teknologi Kalimantan (ITK) Balikpapan, Kaltim, bernama Prof Budi Santoso Purwokartiko, mendadak mendapat sorotan lantaran tulisan status di akun Facebook-nya.

Tulisan memicu kontroversi itu diposting oleh Prof Budi Santoso pada 27 April 2022 lalu. Belakangan status itu dipermasalahkan netizen, lantaran dianggap mengandung unsur SARA.

Berikut profil Prof. Ir. Budi Santoso Purwokartiko.


Riwayat pendidikan

Ia menempuh pendidikan dalam disiplin ilmu yang ia tekuni di jurusan teknik industri Institut Teknologi Bandung dan berhasil lulus pada 1992.

Sosok guru besar tersebut juga belajar di luar negeri. Ia merupakan tamatan University of Oklahoma, Amerika Serikat dan memperoleh gelar Master dan Doktor di perguruan tinggi tersebut.

Budi Santosa dilantik sebagai guru besar di ITS dalam bidang teknik industri.


Perjalanan karier

Selain menjadi akademisi di ITK, Budi Santosa Purwokartiko pernah mengajar di Institut Teknik Sepuluh November (ITS) Surabaya sebagai dosen teknik industri. Spesialisasinya ada pada bidang data mining, optimasi dan metaheuristik.

Ia menjabat sebagai rektor ITK selama dua periode, yakni 2014-2018 dan 2018-2022.

Dilansri dari situs itk.ac.id, Minggu Prof. Ir. Budi Santosa Purwokartiko, Ph.D, yang merupakan seorang profesor ini berprofesi sebagai interviewer beasiswa LPDP sejak 2013.

Selain itu, dia juga merupakan anggota Tim Evaluasi Kinerja Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Dirjen Kelembagaan Dikti sejak 2015.

Prestasi karir akademik Budi Santoso disebut begitu gemilang lantaran pada 2002, penelitiannya yang berjudul 'Novel Smart Engineering System Design' meraih predikat Best Paper Award pada International Conference on Artificial Neural Networks in Engineering di Missouri, Amerika Serikat. Dia juga menjadi Dosen Berprestasi Fakultas Teknik Industri ITS pada 2011.

Kemudian, pada 2014, Prof. Budi juga dinobatkan sebagai Ketua Jurusan Berprestasi ITS ketika menjabat Ketua Jurusan Teknik Industri ITS periode 2011-2015.

Saat ini pun dia harus merelakan jabatan sebagai Ketua Komisi Kelembagaan Senat Akademik ITS 2015-2020, dan Kepala Laboratorium Komputasi dan Optimasi Industri Teknik Industri ITS, karena harus mengabdi sebagai rektor ITK.

Budi Santosa Purwokartiko telah menjabat rektor ITK sejak 2018 hingga 2022. Dia dilantik menggantikan rektor sebelumnya, Prof. Dr. Ir. Sulistijono, DEA.[]

Baca Juga:

Berita terkait
Pengakuan Rektor ITK Sebut yang Sebut Mahasiswi Menutup Kepala ala Manusia Gurun
Rektor Institut Teknologi Kalimantan (ITK) Balikpapan, Kaltim, bernama Prof Budi Santoso Purwokartiko, mendadak mendapat sorotan.
Apa Itu Kadal Gurun alias Kadrun? Begini Penjelasannya
Istilah kadal gurun atau kadrun kembali mencuat setelah peristiwa pengeroyokan terhadap Ade Armando.
Di Kota Gurun di Yordania Selalu Ada Makanan Gratis Ramadan
Warga Kota Maan di wilayah selatan Yordania setiap tahun bahu membahu menggalang acara makan gratis bagi siapapun selama bulan Ramadan