Bingung Mau Kemana? Ini 5 Tempat Ngabuburit Hemat di Jakarta

Jika Anda bingung mencari tempat ngabuburit tanpa merogoh kocek yang banyak, Anda bisa mencoba rekomendasi tempat di bawah ini.
Ilustrasi - Taman Banteng. (Foto: Tagar/Istimewa)

TAGAR.id, Jakarta - Dalam menjalani bulan puasa, salah satu kegiatan yang ditunggu-tunggu adalah kegiatan yang dilakukan untuk menunggu adzan magrib menjelang berbuka puasa atau yang biasa disebut dengan ngabuburit. 

Jika Anda bingung mencari tempat ngabuburit tanpa merogoh kocek yang banyak, Anda bisa mencoba rekomendasi tempat di bawah ini. Berikut 5 rekomendasi tempat ngabuburit hemat di Jakarta.


1. Taman Suropati

Rekomendasi tempat ngabuburit yang pertama adalah Taman Suropati. Di Taman ini Anda bisa berolahraga, berkumpul dengan keluarga maupun teman. 

Dengan fasilitas seperti bangku panjang, air mancur dua sisi, pohon yang rindang, dan track untuk berlari, menjadikan tempat ini cocok dijadikan tempat untuk ngabuburit. Taman ini terletak di Jl. Taman Suropati No. 5, RY.5/RW.5, Menteng, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat.


2. Taman Menteng

Selain Taman Suropati, Anda bisa mencoba ngabuburit di Taman Menteng. Taman ini memiliki luas sekitar 2,9 hektar dan memiliki koleksi 30 spesies tanaman yang berbeda. 

Selain sarana bermain anak, disini juga terdapat jogging track, air mancur, dan fasilitas lainnya. Taman Menteng terletak di Jl. HOS. Cokroaminoto, RT.3/RW.5, Menteng, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat.


3. Museum Nasional

Museum Nasional ini juga disebut dengan nama Museum Gajah atau Museum Fatahillah. Museum ini terletak dekat dengan Monumen Nasional (Monas). 

Sambil menunggu waktu berbuka puasa, Anda bisa melihat 160.000 an benda-benda bernilai sejarah yang terbagi menjadi 7 jenis, seperti koleksi Prasejarah, Arkeologi Hindu - Budha, Numismatik dan Heraldik; Etnografi, Heraldik, Keramik, Geografi dan Sejarah. Museum ini terletak di Jl. medan Merdeka Barat No.12, Gambir, Kec. Gambir, Kota Jakarta Pusat.


4. Kawasan Kota Tua

Rekomendasi selanjutnya adalah Kota Tua. Disini Anda bisa ke melihat barang peninggalan yang unik seperti prasasti di Museum Fatahillah. Selain itu, Anda bisa bersantai di restoran era kolonial, Cafe Batavia. 

Jika ingin melihat lebih dari 4.000 koleksi wayang, Anda bisa ke Museum WayangZ Selain Museum Wayang, Anda bisa melihat bangunan peninggalan kolonial Belanda yaitu Toko Merah.


5. Lapangan Banteng 

Tidak hanya berburu takjil sambil menunggu waktunya berbuka, Anda bisa jalan-jalan atau hunting foto di sekitaran Lapangan Banteng. Lapangan yang terletak di Weltevreden, Batavia; tidak jauh dari Gereja Katedral Jakarta menjadi tempat favorit untuk bersantai, olahraga dan menikmati semilir angin sepoi-sepoi.

(Ni Nyoman Mastika Mega Puspita)


Berita terkait
5 Rekomendasi Tempat Berbuka Puasa di Jakarta Selatan
Jika Anda memiliki rencana berbuka puasa di kawasan Jakarta Selatan, mungkin Anda bisa mencoba beberapa rekomendasi tempat di bawah ini.
5 Rekomendasi Tempat Berbuka Puasa di Jakarta Timur
Jika Anda ingin menghabiskan waktu ngabuburit dan berbuka puasa di sekitaran Jakarta Timur, mungkin Anda bisa mencoba beberapa rekomendasi ini.
5 Rekomendasi Tempat Berbuka Puasa di Jakarta Pusat
Jika Anda berbuka puasa di sekitaran Jakarta Pusat, mungkin Anda bisa mencoba beberapa rekomendasi tempat berbuka ini nyaman dan aman!
0
Hasil Pertemuan AHY dan Surya Paloh di Nasdem Tower
AHY atau Agus Harimurti Yudhoyono mengaku sudah tiga kali ke Nasdem Tower kantor Surya Paloh. Kesepakatan apa dicapai di pertemuan ketiga mereka.