UNTUK INDONESIA

Bikin Lumpia Goreng Rendang ala Willgoz Kitchen di Rumah

Lumpia dinikmati sebagai camilan. Kini divariasikan dengan rasa rendang di dalamnya. Mau mencobanya? Yuk bikin di rumah, mudah dan cuma 15 menit.
Willgoz saat menjelaskan bahan-bahan yang ia gunakan dalam membuat lumpia goreng rendang. (Foto : YouTube/Willgoz Kitchen)

Jakarta – Lumpia atau lun pia merupakan salah satu makanan khas Tiongkoa yang sudah terdengar umum dikonsumsi masyarakan di Indonesia. Lumpia biasanya terbuat dari tepung yang dijadikan sebagai kulit atau lapisan luar dan dalamnya berisi rebung, telur, daging, sayur atau makanan lainnya.

Lumpia sudah banyak variasinya karena camilan ini sudah cukup digemari sebagai camilan oleh masyarakat. YouTuber Willgoz Kitchen membagikan resep variasi dari makanan lumpia yaitu, lumpia goreng rendang di channel akun resminya yang tayang pada 26 Januari 2021.

Baca Juga:

Pembuatannya pun cukup mudah, dan rasanya juga pasti enak. Tidak hanya sebagai camilan di rumah, banyak orang yang menjadikan makanan ini sebagai penjualan bisnis. Kali ini, rekomendasi dari variasi lumpianya akan terdengar sedikit asing di telinga yaitu, lumpia goreng rendang.

Variasi ini cukup mudah dibuatnya bahkan dengan waktu kurang lebih 15 menit pun dapat jadi. Berikut resep lumpia goreng rendang ala Willgoz Kitchen yang dilansir oleh Tagar dari akun YouTubenya.

Dengan durasi 8 menit lebih 38 detik, Willgoz membagikan resep dan cara membuat lumpia goreng rendang ini. Sebelum memulai proses memasak, diperlukan bahan-bahan yang dipersiapkan terlebih dahulu. 

Willgoz KitchenProses saat Willgoz memasukkan jamur ke dalam panci yang berisi daging yang sudah matang. (Foto : YouTube/Willgoz Kitchen)

Bahan-bahannya antara lain, 20 lembar kulit lumpia kecil, 500 gram minced beef dengan ½ sendok teh garam, 3 sendok makan minyak untuk menumis jamur serta 3 sendok makan untuk tumis daging, 1 box jamur champignon dengan 1 sendok teh garam + 1 sendok teh gula + ½ sendok teh lada hitam, 150 ml santan kental, dan 1 bungkus bumbu spesial rendang Indofood.

Alasan menggunakan minced beef adalah untuk mempercepat proses memasak rendangnya. Langkah pertama adalah mengiris seluruh jamur champignon terlebih dahulu. Lalu siapkan panci untuk menumis jamur dengan memanaskan minyak pada api kompor untuk beberapa saat. Setelah itu, tuangkan irisan jamur ke dalam panci untuk mulai menumis. Tambahkan 1 sendok teh garam, gula serta ½ sendok teh lada hitam diatasnya. Tumis hingga merata lalu sisihkan.

Selanjutnya pada panci yang sama, tak perlu menggantinya, panaskan sedikit minyak lagi di atas api kompor untuk mengolah daging rendangnya. Pastikan sebelum memasukkan daging ke dalam panci, taburkan beberapa garam di atasnya kurang lebih ½ sendok teh. 

Lalu jika minyak sudah panas, masukkan daging ke dalam panci, tetapi jangan langsung diaduk-aduk pada bagian dalamnya. Tunggu beberapa saat sampai warna daging pada bagian bawah berubah, baru balikkan posisinya, dan aduk hingga semua daging matang merata.

Willgoz KitchenProses menggulung kulit lumpia yang sudah terisi daging dan jamur. (Foto : YouTube/Willgoz Kitchen)

Setelah itu, masukkan hasil tumisan jamur tadi ke dalam panci yang berisi daging. Lalu tuangkan bumbu Indofood special rendang ke dalam panci, dan aduk hingga merata. Jika sudah, tambahkan juga santan kental sebanyak kurang lebih 150 ml agar menghasilkan rasa yang lebih creamy. 

Aduk kembali semuanya hingga rasa tercampur merata. Kecilkan api kompor sedikit disela-sela mengaduk masakan untuk mengecek kematangannya. Jika sudah matang, matikan kompor lalu sisihkan dan tunggu masakan tersebut hingga dingin.

Jika masakan sebelumnya sudah mendingin, siapkan panci serta minyak panas untuk menggoreng lumpia. Siapkan juga lembaran lumpia untuk proses selanjutnya. Lembaran lumpia dibuka lebar pada wadah, lalu tuangkan masakan rendang tadi sebagai isi dalam kulit lumpia secukupnya. 

Baca Juga:

Lipat atau gulung kulit lumpia yang sudah terisi tadi dengan dibasahi bagian ujung saat step penutup lipatan terakhir. Lakukan sedemikian rupa pada lembaran kulit lumpia lainnya.

Jika sudah, goreng lumpia tersebut ke dalam panci yang sudah disiapkan bersama minyak panas. Masak lumpia goreng tersebut hingga matang atau warnanya berubah agak kecoklatan. Jika dirasa sudah matang, angkat lumpia goreng tersebut dan letakkan pada piring saji. Lumpia goreng rendang pun siap untuk dihidangkan dan disantap bersama saus sambal sesuai dengan selera. (Hafidjah Nuraulia S)

Berita terkait
Resep Es Krim Mint Choco ala Drama dan Idol Korea
Bagi para penonton setia Drama Korea, pasti tidak asing dengan kuliner es krim mint choco. Begini resep dan cara membuatnya.
Resep Lezat Puding Susu Alpukat Selera Hotel Bintang Lima
Pasti sudah tidak asing dengan buah alpukat. Lalu bagaimana kalau alpukat ini disajikan dalam bentuk puding? Berikut resepnya!
Resep Camilan Khas Thailand, Mango Sticky Rice
Bagi penggemar buah, pernah mencoba Mango Sticky Rice atau ketan manis dengan topping buah mangga? Yuk, intip resepnya dan bikin di rumah.
0
Bikin Lumpia Goreng Rendang ala Willgoz Kitchen di Rumah
Lumpia dinikmati sebagai camilan. Kini divariasikan dengan rasa rendang di dalamnya. Mau mencobanya? Yuk bikin di rumah, mudah dan cuma 15 menit.