Biden Peringati Hari Jadi Ke-50 Kereta Penumpang Amtrak

Presiden AS, Joe Biden, ikut memperingati perayaan ke-50 kereta penumpang negara, Amtrak, di kampong halamannya di Delaware, AS
Presiden AS, Joe Biden, menyampaikan sambutan pada acara yang menandai Peringatan 50 Tahun Amtrak (kereta api penumpang milik negara), di 30th Street Station di Philadelphia, Pennsylvania, AS, 30 April 2021 (Foto: voaindonesia.com - REUTERS/Erin Scott)

Jakarta – Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden, ikut memperingati perayaan ke-50 kereta penumpang negara, Amtrak. Semasa sebagai senator AS, Biden hampir setiap hari menumpang Amtrak dari rumahnya di Wilmington, Delaware ke Washington, DC, jika Senat sedang bersidang.

Semasa menjadi Wakil Presiden AS, Biden juga terkadang naik kereta itu. Kini karena sebagai presiden, ia sulit naik kereta, maka dia terbang ke Philadelphia hari Jumat, 30 April 2021, untuk memperingati hari jadi Amtrak.

Untuk rencana proyek prasarana, Biden menyisihkan dana 621 miliar dolar AS untuk memperbaiki jalan, jembatan, dan angkutan umum. Sementara 80 miliar dolar AS dialokasikan untuk Amtrak, yang mengganti nama stasiun Wilmington, kampung halaman Biden, dengan nama Biden pada tahun 2011.

biden amtrakIlustrasi: Calon presiden dari Partai Demokrat, mantan Wakil Presiden AS, Joe Biden, naik kereta di Stasiun Kereta Amtrak di Pittsburgh, 30 September 2020. Biden sedang dalam tur kereta api melalui Ohio dan Pennsylvania. (Foto: whyy.org - AP/Andrew Harnik)

"Dia tahu hampir semua orang yang bekerja di stasiun dan kondektur serta orang lain dan orang Amtrak yang berada di kereta selama bertahun-tahun ketika ia naik kereta," kata CEO Amtrak, Bill Flynn.

Flynn menggambarkan Biden sebagai salah satu "pelanggan paling setia" layanan keretanya. Biden mengadakan pesta Natal tahunan untuk karyawan Amtrak dan menghadiri pemakaman untuk beberapa pekerja yang dikenalnya selama bertahun-tahun.

Penampilan Biden di Philadelphia, kunjungan ketiganya ke Pennsylvania sejak ia menjabat sebagai Presiden AS, bersamaan dengan memperingati 100 hari pertama dia sebagai Presiden AS (ps/ah)/voaindonesia.com. []

Berita terkait
Jungfraujoch Stasiun Kereta Api di Swiss Tertinggi di Eropa
Terletak di Pegunungan Alpen di Swiss, stasiun Kereta Api (KA) Jungfraujoch berada di ketinggian hampir 3.500 meter di atas permukaan laut
0
Politikus PDIP Jagokan Andika Perkasa Jadi Panglima TNI
Politisi PDIP Effendi Simbolon menjagokan Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Andika Perkasa menjadi Panglima TNI mengantikan Hadi Tjahjanto.